Perhatikan Nasib Buruh Perkebunan, Jokowi Undang FSPBUN ke Istana

Joko Widodo waves ahead of his swearing in as Indonesia's seventh president at Parliament in Jakarta, Indonesia, Monday, Oct. 20, 2014. (AP Photo/Mark Baker)

Inisiatifnews – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, mengundang Federasi Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara (FSPBUN) yang terdiri dari para pekerja PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I sampai XIV.

Maksud undangan Jokowi di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (21/2/2019) untuk mendiskusikan persoalan-persoalan yang dikeluhkan pekerja.

Bacaan Lainnya

“Beliau mengundang para pengurus serikat pekerja untuk menanyakan apa sih persoalan-persoalan dari perkebunan,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno yang ikut mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut.

Menurut Rini, sebelumnya Presiden sempat mendapatkan keluhan soal masalah kesejahteraan para pekerja.

Jokowi pun meminta Kementerian BUMN dan manajemen PTPN segera menindaklanjuti keluh kesah para pekerja ini. Bahkan Jokowi meminta agar para pekerja senior bisa mendapatkan lahan.

“Jadi bapak presiden meminta kepada saya untuk melihat bagaimana bila karyawan-karyawan dari perkebunan ini, yang sudah mengabdi 10 tahun ke atas, bisa mendapatkan lahan 1.000 meter persegi,” kata Rini.

“Sehingga mereka mendapatkan ketenangan, tinggal di sana, punya tempat tinggal yang permanen, sehingga mereka juga komitmen untuk menjaga kebun-kebun ini,” lanjutnya.

Menurut Rini, Presiden menekankan bahwa perkebunan nusantara sangat besar.

Oleh karena itu perkebunan nusantara harus bisa memberikan kesejahteraan kepada karyawan maupun sekeliling.

“Bagaimana keuntungan harus bisa dicetak dan masuk ke produk-produk hilir sehingga perkebunan nusantara nanti nilai tambahnya menjadi nilai lebih tinggi, keuntungan jadi lebih baik,” kata Rini. [SA]

Temukan kami di Google News.

Pos terkait