Sejumlah Remaja Kompak Bersihkan Sampah Pantai

Inisiatifnews – Sekelompok remaja tampak kompak membersihkan sampah-sampah yang berserakan di pantai Tanjung Bayang Makassar.

Aksi yang dilakukan mereka, didasari dengan pemikiran peduli kebersihan lingkungan. Selain itu, aksi itu juga untuk memperingari Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Bacaan Lainnya

“Earth Hour Makassar sebagai salah satu gerakan yang fokus pada isu lingkungan, tentu kami tak ingin ketinggalan menjadikan momen ini sebagai sarana untuk memberikan pendidikan pentingnya menjaga kebersihan pantai kepada masyarakat, tak hanya itu kami pun ingin masyarakat sadar akan manfaat menjaga kebersihan pantai salah satunya adalah menarik minat wisatawan untuk berkunjung,” kata penanggung jawab aksi, Muhammad Rezi Akbar, Sabtu (23/2/2019).

Para remaja tampak memunguti sampah-sampah plastik dan sisa-sisa makanan yang mencemari pantai. Mereka mengumpulkan sampah-sampah itu dan memasukkannya ke dalam karung.

Dia berharap kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan pantai yang tentu akan berdampak pada terjaganya ekosistem laut.

“‘Bukan hanya untuk masyarakat yang tinggal di sekitar Pantai Tanjung Bayang ini, tapi juga masyarakat pesisir lainnya dapat menjaga kelestarian serta kebersihan pantai tersebut.” papar dia.

“Terkhusus bagi para pengunjung pantai, kalian datang untuk menikmati keindahannya bukan menghancurkannya dengan cara membuang sampah sembarangan, semoga dengan kami datang masyarakat tergerak hatinya untuk bersama-sama menjaga keindahan dan kebersihan pantai khususnya Tanjung Bayang ini,” imbuhnya.

HPSN merupakan Hari Peduli Sampah Nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI sebagai pengingat tentang bencana lingkungan akibat longsornya TPA Leuwi Gajah Bandung pada 21 Februari 2005 silam.

Earth Hour sendiri merupakan merupakan salah satu gerakan yang diinisiasi oleh WWF (World Wide Fund for Nature) yang berfokus pada kampanye global untuk melawan perubahan iklim. [SA]

Temukan kami di Google News.

Pos terkait