Jelang Debat Ketiga, Kiyai Maruf Sebut Tak Ada Strategi Khusus

kiyai maruf amin
KH Maruf Amin. [foto : twitter/KHMarufAmin_]

Inisiatifnews – Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH Maruf Amin menegaskan bahwa dirinya tidak memiliki persiapan khusus untuk menjalani prosesi debat ketiga yang akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Nggak ada strategi khusus,” kata Kiyai Maruf di Pandeglang, Banten, Minggu (3/3/2019).

Bacaan Lainnya

Apalagi dalam debat ketiga ini, dirinya akan tampil sendirian di atas podium tanpa didampingi Jokowi sebagai Capres. Ia akan berhadapan langsung dengan Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno dan saling beradu argumentasi terkait dengan upaya pemenangannya.

Bahkan sesepuh Nahdlatul Ulama (NU) ini menilai dirinya merasa santai karena hanya persoalan perdebatan adu gagasan dan pemikiran saja, bukan kontestasi adu fisik.

“Ini kan debat bukan kita mau berantem, rileks saja,” tegasnya.

Meskipun tanpa persiapan khusus untuk beradu gagasan dan argumentasi dengan Sandiaga Uno, Kiyai Maruf mengatakan dirinya tetap melakukan pendalaman terhadap materi yang akan dibahas dalam debat ketiga itu.

“Persiapannya tentu mendalami materi-materi yang akan diperdebatkan, terutama lima masalah yaitu pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, sosial dan budaya,” paparnya.

Dan menurutnya, seluruh persoalan yang disebutkannya itu akan terus ditampung dari masyarakat luas dan para stakeholder yang ada.

“Tentu saya harus mendengar memperoleh masukan dan informasi,” terang Kiyai Maruf.

Perlu diketahui, bahwa debat ketiga sendiri nanti akan digelar pada Minggu, 17 Maret 2019 di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat. Debat yang hanya diikuti oleh cawapres itu mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan.

[IBN]

Temukan kami di Google News.

Pos terkait