Habib Luthfi Ingatkan Pentingnya Jaga Merah Putih

Inisiatifnews – Ulama khos Nahdlatul Ulama (NU) asal Pekalongan, Habib Luthfi bin Yahya mengimbau rakyat Indonesia wajib bangga memiliki dan menjaga Merah Putih. Sebab di dalamnya ada tiga hal, yakni kehormatan, harga diri, dan jati diri bangsa.

“Dari dulu, Merah Putih tidak akan berubah meski dilekang oleh zaman. Kalau sudah kumpul seperti ini, komitmen untuk menjaga NKRI, menjaga Pancasila, menjaga Merah Putih, maka Indonesia akan tetap jaya,” ujar Rais Aam Idaroh Aliyah Jamiyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (Jatman) saat Apel Kebangsaan “Kita Merah Putih” di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (17/03/2019).

Bacaan Lainnya

Selain Habib Luthfi, hadir sejumlah tokoh nasional lintas agama. Di antaranya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Ulama kharismatik NU KH Maimoen Zubair, Gus Muwafiq, KH Munif Zuhri, KH Ahmad Daroji, Uskup Rubiatmoko (Keuskupan Agung Semarang), Pendeta Eka Laksa (PGI), Nyoman Suraharta (PHDI), Go Boen Tjien (Matakin) dan Pujianto (Walubi). Hadir juga  Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wakilnya, Gus Taj Yasin. Seluruh tokoh ini dalam orasinya mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan.

Acara juga dimeriahkan sejumlah artis nasional seperti Slank, Letto, Armada, Virza, Nella Kharisma dengan MC Vincent-Desta dan Cak Lontong. Puluhan ribu warga Semarang dan Jateng hadir tumpah ruah di Simpang Lima.

Gubernur Ganjar dalam orasinya menegaskan, Apel Kebangsaan ini diikuti oleh seluruh elemen masyarakat. Apel Kebangsaan ini tak memandang suku, agama, ras bahkan pilihan politik, murni untuk mengingatkan pentingnya kebersatuan dan menjaga Merah Putih.

“Lihatlah bangsa kita saat ini, fitnah merajalela, hoaks, caci maki, bertengkar antar kawan bahkan saudara sedarah. Apakah fitnah dan hoaks yang mengoyak ini akan kita biarkan? Apakah sikap intoleran akan kita biarkan? Apakah rasa permusuhan yang merusak sendi berbangsa akan dibiarkan? Pasti semua bilang tidak. Mari kita berdiri untuk menjaga NKRI. Ada TNI, Polri, Kajati, Ketua DPRD, Wagub dan juga tokoh nasional serta para ulama. Saya minta segenap rakyat Indonesia, semua golongan untuk bersatu menjaga merah putih,” ungkapnya.

Selain orasi kebangsaan, acara juga diisi dengan shalawatan dan doa bersama. Ada juga ikrar menjaga NKRI. Acara ditutup dengan penyerahan simbolis bendera Merah Putih oleh para tokoh nasional kepada generasi penerus dan makan bersama nasi kebuli. (FMB)

Temukan kami di Google News.

Pos terkait