Pohon Aja Disakitin Apalagi Rakyat…

Inisiatifnews – Ada yang aneh dari puluhan alat peraga kampanye (APK) para caleg yang terpasang di pepohonan sepanjang Jalan Margasatwa dan Jalan Pejaten Jakarta Selatan. Di poster tersebut, ada tambahan tempelan stiker bertuliskan “Pohon aja disakitin, apalagi rakyat”.

Ternyata, ini ulah anak-anak muda yang tergabung dalam gerakan TurunTangan. Mereka memasang sticker persis di poster-poster caleg yang tertancap dipohon dengan paku.

Bacaan Lainnya

Salah satu pentolan relawan TurunTangan, Angger Sutawijaya menyampaikan, aksi ini adalah cara anak muda mengawal pesta demokrasi lima tahunan.

“Kami ingin, pesta demokrasi ini menghadirkan kegembiraan dan harapannya menghasilkan kebaikan dan kebermanfaatan bagi semua. Lalu bagaimana harapan itu bisa hadir, jika dalam menjalankan pesta demokrasi ini para pesertanya melanggar aturan, bahkan dengan menyakiti pohon,” sebut Angger.

Dikatakannya, gerakan ini tidak hanya di Jakarta, tetapi juga dilakukan oleh relawan-relawan TurunTangan di berbagai kota. Gerakan TurunTangan juga mengajak setiap orang melakukan hal serupa. Masyarakat bisa secara mandiri mengunduh desain sticker anti menyakiti pohon tersebut yang tersedia di laman instagram @turuntangan dan mencetak serta menempelkannya langsung ke alat peraga kampanye yang dipasang di pohon.

Rizki, salah salah satu relawan TurunTangan yang turut memasang sticker menuturkan, ia tergerak karena resah dengan banyaknya APK yang dipaku di pepohonan yang tak kunjung ditertibkan oleh pihak berwenang seperti Bawaslu.

“Bekas paku yang ada di pohon itu kalau dicabut akan bisa membuat pohonnya lapuk dan kalau sedang ada angin bisa roboh. Itu juga berpotensi membahayakan pengguna jalan di sekitar pohon,” ingatnya.

Pemasangan APK sebetulnya sudah diatur dalam Peraturan KPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye Pemilihan Umum. Ada sejumlah tempat yang dilarang untuk dipasang APK, di antaranya adalah di pepohonan.

Aksi anak-anak muda ini mengundang perhatian warga yang melintas. Beberapa sepakat dengan isi pesan sticker, bahkan menyerukan untuk menurunkan langsung APK yang dipaku di pohon tersebut. (FMV)

Pos terkait