Amien Rais Ancam People Power, Cak Nun: Tak Berguna

Amien rais
Amien Rais usai berorasi di Apel Siaga Umat 313 di depan KPU RI, Minggu (31/3/2019) bersama FUI dan FPI. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews – Budayawan Emha Ainun Najib atau yang karib disapa Cak Nun menilai bahwa seruan rencana agenda people power yang dilontarkan oleh salah satu tokoh politik Amien Rais tidak berguna.

Menurutnya, narasi people power tidak akan berguna karena dilontarkan oleh tokoh segmented, sementara masyarakat Indonesia saat ini saja sudah tersegmentasi.

Bacaan Lainnya

“Kondisi masyarakat Indonesia tersegmentasi. (people power) bisa efektif kalau Anda pahlawan nasional. Kalau hanya tokoh segmented tidak berguna,” kata Cak Nun di Semarang dikutip dari Antaranews, Rabu (3/4/2019).

Seruan people power yang digelorakan oleg Amien Rais sendiri hanya untuk agenda persiapan jika mereka merasa dicurangi di Pilpres 2019. Sementara Pilpres sendiri pun saat ini belum berlangsung. Kemudian semua pihak yang berperan dan terlibat dalam proses penyelenggaraan pemilu terus melakukan perbaikan dalam persiapan penyelenggaraan.

Kondisi seperti saat ini menurut Cak Nun belum bisa membuat masyarakat secara terpolarisasi untuk mengamini seruan Amien Rais itu. Baginya, hanya ada tiga faktor yang membuat masyarakat akan tergerak secara massal untuk melakukan people power.

Pertama, jika ada bencana alam besar-besaran. Kedua, endemi penyakit yang besar. Ketiga, lanjut Cak Nun, adalah revolusi oleh pemimpinnya. Dan people power yang terjadi adalah saat reformasi 1998 silam.

Dimana people power terjadi saat kepemimpinan Presiden Soeharto. Sementara saat ini, lanjutnya, tujuannya hanya ingin mendapat jabatan semata.

Perlu di ketahui bahwa dalam aksi Apel Siaga Umat 313 yang digelar oleh Forum Umat Islam (FUI) di depan KPU RI hari Minggu (31/3) lalu, Amien Rais mengancam akan melakukan people power jika pemilu berjalan tidak adil.

“Kalau misal tim kami bisa buktikan ada kecurangan yang sistematis yang terukur dan masif, maka kita tidak akan ngomong lagi, maka kita akan langsung people power untuk menekan kepada petahana dan kepada yang sudah memerintah jangan lakukan kecurangan,” kata Amien.

[REL]

Temukan kami di Google News.

Pos terkait