Kurangi Angka Golput Fatayat NU Akan Ronda

Inisiatifnews – Jelang Pemilu serentak 17 April 2019, Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi menggunakan hak pilihnya. Untuk mengurangi angka golput, Fatayat NU membuat gerakan yakni Gerakan Ronda Pemilu (GRP).

Fatayat NU akan mengerahkan seluruh kader dan anggotanya yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah kurang lebih 21 ribu. Ribuan kader ini akan mengajak masyarakat ke TPS dan memantau jalannya pencoblosan.

Bacaan Lainnya

“Kenapa ronda? Karena memang modelnya kader kami bertugas mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif datang ke TPS. Fatayat NU ingin partisipasi pemilih meningkat. Semakin kecil angka golput, itu semakin besar nilai demokrasi,” kata Ketua Umum Fatayat NU Anggia Ermarini saat mendeklarasikan gerakan itu ini Hotel Balairung, Jakarta Timur.

Lewat gerakan ini, Anggia yakin seluruh kader dan anggotanya akan memberikan pengaruh signifikan mengurangi angka golput pada pemilu 2019 nanti. “Saya optimistis, karena perempuan-perempun itu pengaruhnya luar biasa. Melalui influencer dari perempuan mengajak ke TPS, saya yakin ini akan optimal,” tandasnya.

Di luar partisipasi pemilih, Fatayat NU miris dengan banyaknya berita bohong atau hoaks, ujaran kebencian. Karenanya, dia mengimbau kader Fatayat NU ikut mencegahnya, minimal dengan tidak ikutan menyebarkan berita bohong.

“Saya mengajak semua kader-kader Fatayat NU peduli terhadap proses demokrasi yang akan kita lakukan beberapa hari lagi. Hindari berita hoaks, kawal proses pemilu ini agar berjalan jujur dan adil. Karena akan menentukan nasib bangsa ini,” imbau Anggia. (FM)

Temukan kami di Google News.

Pos terkait