Spanduk Sandi for Sumbar 1 Bertebaran, Andre: 99 Persen Gerindra Usung Nasrul Abit

Sandiaga Uno
Sandiaga Salahuddin Uno. [source image : ST Foreign Desk]

Inisiatifnews – Sandiaga Salahuddin Uno sedang nge-hits di Sumatera Barat (Sumbar). Setelah keok menjadi cawapresnya Prabowo Subianto dalam Pilpres kemarin, Sandi digadang-gadang maju memperebutkan kursi Sumbar 1.

Spanduk-spanduk dukungan untuk mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini sudah mulai muncul di berbagai sudut di Kota Padang, Sumbar. Padahal pemilihan gubernur (Pilgub) provinsi ini masih tahun depan, 2020.

Bacaan Lainnya

Spanduk panjang dengan warna dominan putih dengan tulisan #2020SandiUnoSumbar1 berwarna merah terpajang di beberapa persimpangan jalan utama di Kota Padang. Misalnya di persimpangan Jalan Sudirman, Jalan Raden Saleh, di kawasan Jam Ria atau depan Gedung Telkom serra Masjid Raya Sumatera Barat. Spanduk berukuran 5 x 1 meter jelas menarik perhatian warga Kota Padang yang melintas.

Belum diketahui siapa yang memasang spanduk ini. Namun, sejumlah warganet mendukung jika benar Sandiaga maju untuk kursi Sumbar 1. Apalagi, Prabowo-Sandi sukses mendulang suara di provinsi ini pada Pilpres kemarin.

“Pak Sandi. Ayo jadi Gubernur Sumbar. Muda, cerdas, ganteng, agamanya bagus, link internasional untuk investasi di Sumbar. 86 persen dukungan. Menang mudah. Insyaallah Sumbar akan bisa mengejar ketertinggalan. Statistik akan berubah. Jadi provinsi 5 besar,” desak akun @TuankuNanSati dibalas pemilik akun @ubegebe1 yang juga berharap Sandi mendengar aspirasi publik ini. “Semoga Bang @sandiuno berkenan memenuhi aspirasi ini,” harapnya.

Apa benar Sandi akan nekat diusung untuk Sumbar 1? Sekretaris DPD Gerindra Sumbar Desrio Putra tidak tahu menahu pemasang spanduk. Dia menilai, spanduk dibuat bentuk rasa simpati kepada Sandi. Apalagi Prabowo-Sandi menang telak di provinsi ini.

“Ini menandakan masyarakat Sumbar masih menginginkan Bang Sandi menjadi pemimpin. Bisa jadi mereka berpikir kalau di pusat tidak membutuhkan Bang Sandi, biarlah orang Sumbar dipimpin Bang Sandi,” kata Desrio.

Namun, dia memprediksi Sandi tidak bakalan maju. Untuk Pilgub Sumbar 2020, Partai Gerindra Sumbar sudah menyiapkan nama Nasrul Abit, Wagub Sumbar saat ini sekaligus Ketua DPD Gerindra Sumbar.

Wakil Sekretaris DPP Gerindra Andre Rosiade menyakinkan, partai ini akan mengusung Nasrul Abit pada Pilgub Sumbar tahun depan. Nama ini sudah mengerucut di Pengurus Pusat Partai Gerindra, sudah disetujui dan tinggal menunggu penetapan. “Sudah 99 persen, Gerindra usung Pak Nasrul Abit maju ke Pilgub Sumbar 2020. Nama beliau sudah mengerucut dan tinggal penetapan saja,” tega Andre Senin (08/07/2019).

“Tidak ada spekulasi lagi, Pak Nasrul Abit yang bakal maju. Saya cukup di DPR RI saja, sedangkan Bang Sandi itu hanya aspirasi dan mustahil maju,” tandasnya.

Di luar calon dari Partai Gerindra, sebelumnya muncul nama-nama tokoh yang tengah dipersiapkan bertarung pada Pilgub Sumbar tahun depan. Dari PKS, ada tiga nama yaitu Tifatul Sembiring, Mahyeldi yang saat ini menjadi Wali Kota Padang, serta Riza Pahlevi yang kini menjadi Wali Kota Payakumbuh.

Sementara dari PAN, ada nama Ali Mukhni yang kini menjabat bupati Padang Pariaman dan Ketua DPW PAN Sumbar, Epyardi Asda, dan mantan Bupati Tanah Datar, Shadiq Pasadigue. Sedangkan Partai Demokrat mempersiapkan satu nama yakni anggota DPR RI tiga periode sekaligus Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar, Mulyadi. (MFM)

Temukan kami di Google News.

Pos terkait