Bamsoet Usul Pilpres Diambil MPR Lagi

Bambang Soesatyo
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mengajukan usulan agar pemilihan presiden kembali dilakukan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) seperti sebelumnya.

“Apa gak sebaiknya Pilpres dikembalikan lagi ke MPR,” kata pria yang karib disapa Bamsoet dalam diskusi rilis survei nasional oleh Cyrus Network di Ashley Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan bahwa banyak publik mengajukan usulan dan pertanyaan kepadanya mengapa Pilpres tidak dikembalikan saja ke mekanisme di MPR dan menjadikan MPR sebagai lembaga tertinggi negara. Salah satu asalanya adalah keruwetan dalam pelaksanaan pilpres yang mengakibatkan polarisasi yang sedemikian tebal di kalangan grassroot.

“Ini pertanyaan publik. Kalau begini keruwetannya dan mahalnya begini kenapa gak dikembalikan ke MPR saja,” ujarnya.

Ia pun berpesan kepada lembaga survei dari Cyrus Network agar melakukan pengkajian terhadap usulan tersebut di kalangan masyarakat.

“Ini kan keinginan sebagian orang tapi apa nggak sebaiknya Cyrus uji ke publik. Kalau memang mau dikembalikan ke MPR ya UUD harus kita amandemen,” tandasnya.

Pun demikian, Bamsoet menyatakan bahwa sistem apapun yang akan dijalankan harus sesuai dengan keinginan mayoritas rakyat.

“Bagi kami di DPR dan MPR suara publik terbanyak yang kita dahulukan. Kita petakan suara publik secara demografi bis kita lihat bagaimana sebenarnya keinginan masyarakat kita,” imbuhnya.

Bahkan kalau perlu, kata Bamsoet, pemilihan Bupati maupun Walikota bisa dikembalikan ke DPRD saja.

“Kalau perlu pemilihan Bupati/Walikota dikembalikan ke DPRD. Tapi kita lihat yang lebih urgent dulu yakni Pilpres,” tutup Bamsoet. []

Temukan kami di Google News.

Pos terkait