PKB Khawatir OTT Wahyu Jadi Bahan Serangan Untuk KPU

Gus Yaqut
Politisi PKB dan Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas.

Inisiatifnews – Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Yaqut Cholil Qoumas belum mengetahui secara detail kasus apa yang menjerat komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan.

“Saya belum tahu dalam kasus apa Wahyu di OTT (Operasi Tangkap Tangan -red). Tapi tentu saya sangat menyayangkan kasus ini menimpa komisioner KPU,” kata Gus Yaqut dalam keterangannya yang diterima wartawan, Kamis (9/1/2020).

Bacaan Lainnya

Ia meyakini bahwa OTT terhadap Wahyu tidak bisa serta-merta dinilai sebagai sikap lembaga, namun Ketua Umum GP Ansor itu khawatir penangkapan terhadap Wahyu Setiawan bisa menjadi amunisi kelompok tertentu untuk menyerang kredibilitas lembaga penyelenggara pemilu.

“Meskipun tidak mencerminkan perilaku kelembagaan, saya khawatir kasus ini akan menjatuhkan kredibilitas penyelenggara pemilu di mata publik yang ujungnya akan menggiring pada ketidakpercayaan atas produk-produk pemilu,” ujarnya.

Oleh karena itu, Gus Yaqut meminta kepada lembaga penegak hukum yang menangani kasus tersebut agar secara tegas membuka tabir hasil OTT mereka itu. Kondisi ini untuk menjaga citra KPU sebagai penyelenggara pemilu tetap positif di mata publik.

“Saya minta kasus ini dibuka seterang-terangnya. Dan semua saja yang terlibat diusut. Karena saya meyakini, wahyu tidak sendirian berlaku culas seperti ini,” tegasnya. [NOE]

Pos terkait