Rini Soemarno Dinilai Tahu Persis Kasus Jiwasraya

Rini Soemarno
Istimewa

Inisiatifnews – Permasalah PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) belakang masih memanas di kalangan masyarakat di tengah bangsa Indonesia menghadapi banyak persoalan.

Kejaksaan Agung RI telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi tak terlepas juga pemeriksaan mengarah kepada mantan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Bacaan Lainnya

Menurut ketua umum Himpunan Mahasiwa Politik Nusantara (Hasa Polnus), Ibrahim Malik Fatsey, rencana pemeriksaan terhadap Rini Soemarno adalah langkah tepat. Karena menurutnya, Rini adalah sosok yang diduga sangat paham terhadap polemik yang melanda perusahaan asuransi plat merah itu.

“Kami yakin dan percaya ibu Rini Soemarno diduga mengetahui persis permasalahan PT. Asuransi Jiwasraya saat dirinya menjabat sebagai menteri BUMN. Bagi kami, Kejaksaan telah mengambil langkah yang tepat,” kata Ibrahim kepada wartawan di Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Pun dirinya meyakini Kejaksaan Agung dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan menteri BUMN Erick Thohir memiliki langkah khusus terhadap permasalahan Jiwasraya, khususnya dalam kaitan sapu bersih mafia-mafia kotor dan korup di lingkungan perusahaan BUMN itu.

“Kami yakin, mereka memiliki langkah hukum terhadap masalah Jiwasraya dan BUMN dari mafia kotor yang korup di lingkungan BUMN,” lanjut dia

Menurut Ibrahim, selain Rini Soemarno, ia berharap agar Kejaksaan Agung dan KPK serta BPK RI juga memeriksa sejumlah direktur utama yang saat itu menjadi penentu kebijakan di PT Asuransi Jiwasraya.

“Dirut-dirut juga agar segera dipanggil dan diperiksa, karena permasalahan ini juga tak terlepas dari lost management yang akhirnya merugikan negara triliunan rupiah seperti saat ini,” himbaunya.

Kendati demikian, Ibrahim berharap masyarakat tidak terburu-buru menyalahkan siapapun secara sepihak atas kasus Jiwasraya. Menurutnya, sebaiknya publik sembari menunggu saja proses hukum yang tengah berjalan.

“Ini negara hukum, kami harap masyarakat dan seluruh elemen menghargai proses hukum yang sedang berjalan atas kasus Jiwasraya ini. Kita perlu menghargai langkah hukum yang berlaku di bangsa ini,” tutupnya. [NOE]

Temukan kami di Google News.

Pos terkait