Basuki Bakal Bangun RS Khusus Corona

Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Inisiatifnews.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa, berdasarkan hasil rapat dengan Presiden Joko Widodo dan beberapa petinggi lembaga negara, pemerintah sepakat untuk membangun sebuah rumah sakit khusus di Pulau Galang, kota Batam.

“Mau dibikin di Pulau Galang di Batam. Ya RS Khusus, nggak tau namanya. Jadi seperti keperluan untuk Natuna dan Sebaru,” kata Basuki di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2020).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan bahwa fasilitas khusus negara tersebut akan dikelola langsung oleh Kementerian Kesehatan.

“Kalau ada case itu dibawanya ke sana. Nanti pak Menkes yang operasikan,” ujarnya.

Rencananya, memang Rumah Sakit Khusus itu akan digunakan sebagai sarana isolasi untuk pengidap penyakit seperti Corona. Dan pemilihan pulau Galang juga dilakukan lantaran pertimbangan akses dan situasi di lokasi tersebut yang jauh dari keramaian.

“Karena transport itu lebih mudah. Kalau di Sebaru kalau malam ombak besar itu susah,” tambahnya.

Hanya saja ia belum berani memastikan kapan proyek pembangunan Rumah Sakit Khusus itu akan mulai dikerjakan. Ia berencana untuk terbang ke Pulau Galang dalam rangka meninjau lokasi bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Mungkin minggu ini saya ke sana dengan panglima TNI. Kalau Presiden minta start-nya besok, tapi belum tahu, ini kan urgency,” terangnya.

Dalam pembahasan rencana pembangunan Rumah Sakit Khusus itu, Presiden Joko Widodo rapat langsung dengan jajaran lembaga terkait, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Aziz dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. []

Temukan kami di Google News.

Pos terkait