Rupiah Tembus 15 Ribu, GPMI : Ini Ngeri Bin Horor

Ilustrasi dolar Amerika di atas rupiah Indonesia.

Inisiatifnews.com – Nilai tukar rupiah per hari ini sudah tembus di angka Rp 15.077 per dolar AS. Tekanan rupiah terhadap dolar Amerika itu juga lantaran kasus virus Corona yang tengah mewabah di dalam negeri.

Menyikapi gejolak rupiah yang semakin mengalami tekanan itu, Ketua Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) Jakarta Raya, Syarief Hidayatulloh ikut berkomentar. Ia menilai bahwa pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika terjadi karena ketidakberesan pada perekonomian Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Ini mengerikan bin horor, pemerintahan Jokowi sepertinya babak belur. Harus waspada, jangan sampai terulang kembali kejadian krisis moneter 98,” kata Syarief, Selasa (17/3/2020).

Menurut dia, Rupiah yang dihajar oleh isu Corona ini sangat berdampak pada sektor ekonomi di Indonesia dan bisa membuat banyak perusahaan gulung tikar.

“Rupiah tak kuasa menahan kenaikan dolar lantaran virus Corona. Beberapa perusahaan yang tergantung dengan dolar bisa terancam gulung tikar,” ujarnya.

Mengutip Bloomberg, rupiah dibuka melemah 0,05% ke level Rp 14.940 per dolar AS pada pasar spot pagi ini, Selasa (17/3). Rupiah terus melemah hingga berada di level Rp 15.015 per dolar AS hingga pukul 09.11 WIB. Dan hingga berita ini diturunkan, Rupiah sudah berada di angka Rp 15.077 per USD.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait