Habib Bahar Tegaskan Kondisinya Baik dan Diperlakukan Sesuai SOP di Lapas

bahar smith
Habib Bahar bin Ali bin Smith jelaskan kondisinya di Lapas Kelas I Batu, Nusakambangan.

Inisiatifnews.com – Salah satu pendakwah, Habib Bahar bin Ali bin Smith menyampaikan kepada masyarakat luas khususnya pada murid dan keluarganya, bahwa dirinya tengah baik-baik saja.

“Bahwa saya mulai dari pertama kali di pondok pesantren diambil oleh pihak lapas kemudian dibawa ke lapas Gunung Sindur, dan dari Gunung Sindur dibawa ke sini di Lapas Batu Nusakambangan, mulai saat itu sampai sekarang saya dalam keadaan sehat wal afiyat, Alhamdulillah,” kata Habib Bahar dalam video yang tersebar di media sosial dikutip oleh Inisiatifnews.com, Senin (25/5/2020).

Bacaan Lainnya

Bahkan ia juga menepis kabar bahwa dirinya dihajar dan diperlakukan tidak baik selama di penjara oleh petugas lapas. Karena ia mengaku selama dirinya dibawa dari Pondok Pesantren sampai di Lapas Batu, para petugas sangat menerapkan standar operasional prodsedur (SOP).

“Dan mulai saat itu sampai sekarang saya diperlakukan dengan baik, saya diperlakukan dengan bagus, saya diperlakukan sesuai dengan prosedur sesuai dengan SOP,” ujarnya.

Kemudian, Habib Bahar juga menjelaskan tentang mengapa saat ini kepalanya harus plontos tanpa rambut. Ia menjelaskan bahwa sesuai prosedur yang berlaku di Lapas Batu Nusakambangan, siapapun tahanan yang baru masuk ke sana harus dipotong rambutnya. Dan sebagai warga binaan yang baik, Habib Bahar pun mengaku sangat rela dan patuh pada aturan tersebut tanpa paksaan apapun.

“Bahwa setiap warga binaan yang baru dipotong rambutnya. Maka saya sebagai warga binaan yang taat dan patuh kepada aturan, maka saya bersedia rambut saya dipotong tanpa ada paksaan dari siapapun. Ndak ada yang bisa memaksa saya,” tegasnya.

Selanjutnya, Habib Bahar bin Smith juga menyampaikan kepada keluarga khususnya Ibunda dan Istri tercinta, agar mereka tidak perlu takut dan khawatir terkait dengan kondisi kesehatannya. Apalagi ia mengaku tengah memiliki persoalan lambung.

Terkait dengan hal itu, ia juga menyampaikan bahwa selama di Lapas, para petugas sangat memperhatikan kesehatannya. Bahkan setiap hari ada pemeriksaan perkembangan kondisi penyakit yang diidap oleh Habib Bahar.

Alhamdulillah sampai sekarang, petugas yang ada di Lapas Batu ini sangat melayani saya dengan baik khususnya dalam hal penyakit,” jelasnya.

“Jadi jangan khawatir, karena hampir setiap hari saya ditensi, setiap hari dicek terus,” imbuhnya.

Sekilas tentang Bahar Smith

Perlu diketahui, bahwa Habib Bahar bin Smith sempat keluar dari Lapas Kelas IIA Cibinong, Bogor, Jawa Barat, setelah mendapatkan hak asimilasi dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) pada tanggal 16 Mei 2020.

Namun hak asimilasi tersebut terpaksa dicabut oleh Dirjen PAS Kemenkum HAM lantaran kedapatan Habib Bahar bin Smith melanggar ketentuan selama masa asimilasi tersebut. Maka dari itu, ia pun dijemput dan dibawa ke Lapas Kelas IIA Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat pada tanggal 19 Mei 2020.

Dari Lapas Gunung Sindur, Habib Bahar bin Smith dipindahkan ke Lapas Kelas I Batu, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah pada tanggal 20 Mei 2020. Alasan pemindahan tersebut lantaran para pendukung dan simpatisan Bahar Smith melakukan kegiatan yang mengganggu keamanan dan ketertiban di Lapas Kelas IIA Gunung Sindur. []

Temukan kami di Google News.

Pos terkait