Bintang Emon Kritik Penanganan Kasus Novel, PSI : Itu Kebebasan Berpendapat

Gusti Muhammad Abdurrohman Bintang Mahaputra (Bintang Emon).

Inisiatifnews.com – Juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Rian Ernest Tanudjadja memberikan komentarnya terkait dengan kritikan dari komika Gusti Muhammad Abdurrohman Bintang Mahaputra alias Bintang Emon terhadap kasus Novel Baswedan.

Di mana di dalam sebuah video yang dibuat oleh Bintang, ia melakukan roasting terhadap salah satu proses persidangan di dalam kasus penyiraman air keras kepada penyidik senior KPK tersebut.

Bacaan Lainnya

Menurut Rian Ernest, apa yang disampaikan oleh Bintang Emon adalah sesuatu yang sangat wajar di negara demokrasi seperti Indonesia. Bahkan itu merukana hak dirinya sebagai warga negara untuk menyampaikan pendapat.

“Apa yang disampaikan BE (Bintang Emon) adalah bagian dari kebebasan berpendapat yang merupakan hak semua warga negara,” kata Rian, Selasa (16/6/2020).

Rian menilai profesi Bintang sebagai komedian, membuat cara mengkritiknya disampaikan lebih kreatif. Sejarah di banyak belahan dunia, kata dia, menunjukkan seni-budaya termasuk komedi, adalah medium efektif untu menyampaikan kritik.

Rian mengatakan substansi kritik Bintang sah-sah saja. Dia pun menganggap tuntutan satu tahun terhadap dua terdakwa penyiram air keras terhadap Novel Baswedan tidak adil.

Sayangnya, banyak pihak yang tampak menyoba melakukan serangan verbal melalui tulisan kepada Emon, termasuk fitnah bahwa Bintang Emon pengguna narkoba. Hingga akhirnya ia pun sampai melakukan test urine di Rumah Sakit Pondok Indah, dan menyatakan bahwa hasil pemeriksaan medis ia negatif narkoba.

Hasil tes urine Bintang Emon negatif narkotika.

Dan Ernest juga meminta kepada publik untuk tak sembarang menuding bahwa pihak yang melakukan fitnah kepada Bintang adalah para pendukung Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dia mengatakan bahwa kesimpulan semacam itu terlalu prematur.

“Menuduh bahwa perundungan terhadap BE dilakukan oleh pendukung Jokowi, bahkan diperintahkan langsung oleh orang dekat Jokowi adalah kesimpulan yang prematur dan gegabah,” kata dia.

Menurut Ernest, PSI adalah pendukung Presiden Jokowi. Namun, mereka tetap mendukung kebebasan berpendapat dan berekspresi bagi siapapun.

“Saya pribadi dan @psi_id adalah pendukung @jokowi. Kami mendukung juga kritik yang disampaikan. Sejatinya, kami mendukung kebebasan berpendapat dan berekspresi yang bertanggungjawab. Jempol ke BE!,” tutupnya.

Pos terkait