Nekat Ikut Demo, Bocah-bocah Tanggung Ini Kebingungan

Remaja dan anak-anak di bawah umur yang rencananya ingin ikut aksi tolak RUU HIP di depan gedung DPR RI kebingungan dan diamankan di Mapolres Metro Jakarta Barat pada hari Rabu 24 Juni 2020. [foto : exclusive]

Inisiatifnews.com – Aksi unjuk rasa yang digelar oleh Aliansi Nasional Anti Komunis NKRI (ANAK NKRI) hari ini di depan gedung DPR RI tidak hanya diikuti oleh ormas saja, banyak dari mereka juga merupakan anak-anak dari luar Jakarta dengan label santri.

Sayangnya, mereka malah merasa kebingungan saat berada di sekitar lokasi aksi. Di mana mereka tak tahu harus bertemu siapa karena mayoritas datang secara mandiri dan berkelompok.

Bacaan Lainnya

Setidaknya, ada sekitar 40 remaja dan anak-anak yang ingin mengikuti aksi demo yang menuntut agar RUU HIP dicabut dari Prolegnas itu.

Menurut Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Audie S. Latuheru, mereka sebenarnya bingung sendiri saat mengikiti aksi yang digelar di depan gedung DPR RI itu. Bahkan anggotanya berhasil mengamankan sebanyak 40 orang yang merupakan remaja dan sebagian anak-anak di bawah umur ke Mapolres Jakarta Barat untuk dijaga.

“Jadi ketika kami dapati mereka, maka anggota mengajak ke halaman Mapolres Jakarta Barat. Karena kami melihat mereka ini kebingungan,” kata Audie kepada wartawan di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Ketika dirinya menanyakan kepada para anak di bawah umur ini, mereka mengaku mendapatkan undangan atau ajakan datang ke demo melalui sosial media. Rata-rata anak tersebut dari kawasan Tangerang dan Kalideres, Jakarta Barat.

“Kami tanya mereka mau ikut demo di DPR tapi tidak tahu siapa koordinatornya karena mereka diundang melalui sosial media,” ujarnya.

Kini puluhan remaja dan anak-anak itu meminta untuk dipulangkan ke rumahnya oleh aparat kepolisian. Nantinya mereka akan dikawal sampai lokasi tujuan agar dipastikan mereka selamat.

“Mereka mau pulang saja tidak mau ke lokasi demo. Saya merasa kasihan melihat anak-anak ini, dan mereka tentu merasa lapar sehingga saya perintahkan kepada anggota untuk beri makan siang terlebih dahulu sebelum mereka pulang,” ujarnya. [RED]

Temukan kami di Google News.

Pos terkait