LAKPESDAM PBNU Dukung Bareskrim Polri Tangkap Sugi Nur

Sugi Nur Raharja.

Inisiatifnews.com – Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LAKPESDAM PBNU), Rumadi Ahmad menyatakan mendukung pihak Bareskrim Mabes Polri untuk menindaklanjuti sikap Sugi Nur Raharja ke ranah hukum.

“LAKPESDAM PBNU memberi dukungan penuh kepada Bareskrim Polri yang telah menangkap Nur Sugi Raharja karena omongannya yang seringkali menyebar kebencian terutama kepada Nahdlatul Ulama (NU),” kata Rumadi dalam keterangan persnya, Sabtu (24/10/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, selama ini banyak sekali ujaran-ujaran yang dilontarkan oleh Sugi Nur yang meresahkan warga Nahdliyyin.

“Nur Sugi sudah berulang kali mengumbar celotehan yang menimbulkan kemarahan bagi warga NU,” ujarnya.

Di sisi lain, ia juga menilai bahwa apa yang dilontarkan dari mulut Sugi Nur tidak pantas untuk diikuti dan dijadikan pedoman.

“Apa yang dilakukan Nur Sugi sama sekali tidak mencerminkan akhlakul karimah seorang muslim yang harus menebarkan kasih sayang. Umat Islam perlu berhati-hati dengan orang seperti ini. Jangan pernah menjadikan orang seperti ini sebagai rujukan dalam beragama,” tuturnya.

Tidak hanya kepada Sugi Nur, Rumadi juga berharap agar Bareskrim Mabes Polri juga menindak penyedia konten yang jadi alat Sugi Nur menyampaikan ujaran-ujaran kebencian itu.

“Lakpesdam PBNU berpandangan bahwa seyogyanya penegakan hukum tidak hanya dialamatkan kepada Nur Sugi, tapi juga pihak yang memproduksi dan menyebarkan konten ujaran kebencian melalui kanal YouTube dimaksud,” harapnya.

Terakhir, ia juga meminta kepada seluruh warga Nahdliyyin agar tidak terpancing emosi. Lebih baik menyerahkan kasus tersebut kepada aparat berwajib.

“Lakpesdam PBNU percaya, Polri akan melalukan penegakan hukum secara adil. Warga NU juga tidak perlu terpancing dan melakukan tindakan yang tidak perlu,” tutupnya.

Perlu diketahui, bahwa Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono menyebutkan, bahwa Sugi Nur telah ditangkap di kediamannya di Malang, Jawa Timur.

“Dini hari tadi Sabtu 24 Oktober 2020 pukul 00.18 WIB di rumahnya Sawojajar, Kecamatan Pakis, Malang,” kata Awi kepada wartawan, Sabtu (24/10).

Awi tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai penyebab Gus Nur ditangkap. Ia hanya mengatakan bahwa Gus Nur kini berstatus sebagai tersangka.

“Iya, sudah jadi tersangka,” ucap dia.

Pos terkait