Cak Duki Sebut Kiai Maruf Amin Bakal Handle Kerjaan Presiden Sementara

Wapres
Wakil Presiden, KH Maruf Amin.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Juru bicara Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Masduki Baidlowi mengatakan bahwa tidak ada persiapan khusus dari KH Maruf Amin untuk mengemban amanah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Presiden selama Joko Widodo berada di luar negeri.

“Tidak ada persiapan khusus,” kata pria yang karib disapa Cak Duki, Minggu (26/6).

Bacaan Lainnya

Hal ini menurutnya, kiai Maruf Amin bukan kali ini mengemban amanat tersebut, sehingga tidak ada persiapan apapun untuk menjalankan tugas sementara sebagai Kepalan Negara.

“Karena sudah beberapa kali Presiden bepergian keluar negeri, dan wakil presiden secara otomatis akan menjadi pemimpin nasional pengganti Presiden,” jelasnya.

Lantas selama menjabat sebagai Plt Presiden, KH Maruf Amin akan menjalankan tugas-tugas Jokowi seperti biasa, yakni melakukan koordinasi dengan para menteri dan lembaga terkait jika ada pembahasan yang harus dilakukan.

“Ada juga rapat terbatas yang selama ini dijalankan oleh Presiden, lantas dijalankan oleh Wakil Presiden,” terangnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga sudah mengatakan bahwa sepanjang dirinya melakukan lawatan ke luar negeri, maka tugas-tugas sementara di dalam negeri akan dikendalikan oleh wakilnya, yakni KH Maruf Amin.

“Selama saya di luar negeri pemerintahan akan dipimpin Bapak Wakil Presiden,” kata Jokowi yang disiarkan oleh akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (26/6).

Diketahui, Jokowi akan melakukan kunjungan ke sejumlah negara-negara di Eropa, yakni Jerman, Ukraina, dan Rusia. Di Jerman, Jokowi bakal menghadiri KTT G7.

“Di mana kita di sini adalah sebagai partner country dari G7 dan juga diundang untuk menghadiri KTT G7 ini sebagai ketua presidensi G20,” ujarnya.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait