Mahfud MD Kagum Nilai-nilai Marhaenisme Bung Karno

mahfud md
Menko Polhukam Mahfud MD saat berada di kantor pusat DPP PDIP Perjuangan.

JAKARTA, Inisiaitifnews.com – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Prof Mohammad Mahfud MD mengaku kagum dengan sosok Presiden Soekarno.

Ia menyebut, bahwa Presiden pertama Republik Indonesia itu membawa nilai-nilai marhaenisme yang membangkitkan bangsa Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Nilai-nilai ke-Bung Karno-an, Marhaenisme, itu sangat luar biasa bagi kebangkitan kita sebagai bangsa, sehingga menjadi bangsa merdeka, sehingga ini harus diwarisi oleh saudara-saudara,” ujar Mahfud MD dalam Forum Group Discussion dengan tema Reformasi Sistem Hukum Nasional: Pendekatan Ideologi, Konstitusi dan Budaya Hukum di Gedung Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Kamis (13/10).

Mahfud mengatakan dirinya sangat mengagumi hukum progresif. Menurutnya, Bung Karno merupakan sosok pencetus hukum progresif. Pendapat itu dilandasi dari pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945.

Dalam pidato itu, bapak bangsa tersebut membicarakan dasar negara, Pancasila. Bung Karno, kata Mahfud, berinisiatif secara progresif mengubah Panitia Enam menjadi Panitia Sembilan. Tugasnya untuk menyempurnakan rumusan Pancasila dan pembuatan Undang-Undang Dasar yang berlandaskan kelima sila.

“Bung Karno itu menurut saya, pencetus hukum progresif di Indonesia. Sebab, Bung Karno melihat harus mengedepankan keadilan. Terutama jika prosedur tidak berguna bagi kebaikan masyarakat, maka harus dipinggirkan,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut.

Mahfud MD bercerita, Indonesia dikagumi oleh negara lain lantaran peran Bung Karno. Ia menceritakan pengalamannya di Maroko pada tahun 2012. Di sana, pejabat Maroko menyanyikan lagu Halo-halo Bandung karena ikut dalam Konferensi Asia-Afrika tahun 1955.

“Dia hafal lagu Halo-Halo Bandung dengan fasih. Bung Karno membangkitkan bangsa-bangsa yang waktu itu hadir di Konferensi Asia-Afrika,” ucap Mahfud.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait