Polisi Dalami Pembuat Video Hoaks Brimob Jemput Tentara China

Brigjan Pol Ahmad Ramadhan
Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menegaskan bahwa pihaknya sedang mengusut pembuatan video hoaks yang menarasikan, bahwa pasukan Brimob Polri menjemput ratusan tentara China di sebuah Bandara dengan menggunakan pesawat komersil Lion Air.

“Polri akan melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap hal tersebut,” kata Ahmad dalam keterangannya, Sabtu (4/2).

Bacaan Lainnya

Bahkan, untuk melakukan pengusutan kasus tersebut, pihaknya juga melakukan patroli siber untuk mencari dan mendalami traffic konten video yang diduga kuat adalah narasi negatif dan hoaks itu.

“Polri dalam hal ini, akan mengoptimalkan patroli siber,” ujarnya.

Sebelumnya, sebuah video aparat berseragam tengah beraktivitas di sebuah bandara yang diduga adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang. Namun, sebuah akun Twitter @Mencaricinta99 menarasikan bahwa video tersebut adalah ratusan tentara China yang dijemput oleh pasukan Brimob Polri.

Mendapati narasi negatif itu, Polri pun menyatakan bahwa narasi di video tersebut adalah hoaks.

“Divisi Humas Polri memastikan video tersebut adalah Hoaks. Faktanya konten tersebut merupakan video pasukan Brimob Polri yang baru selesai melaksanakan tugas dalam Operasi Satgas Damai Cartenz di Papua,” tulis akun Instagram @divisihumaspolri.

Video yang sempat diposting oleh pemilik akun Twitter @Mencaricinta99 itu sudah tidak ada lagi, sebab pemilik akun menghapusnya dari postingannya sendiri.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait