Khutbah Jumat di Masjid PDIP, Mahfud MD Kutip Bung Karno Tentang Pentingnya Sejarah

Mahfud MD
Menko Polhukam, Mahfud MD saat menjadi khatib di Masjid At Taufiq PDI Perjuangan. [foto : Dok Polhukam]

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam)z Mahfud MD menjadi khatib sekaligus imam salat Jumat di Masjid At Taufiq milik PDI Perjuangan yang terletak di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Dalam khutbahnya, Mahfud mengutip pidato terakhir Presiden Indonesia pertama Ir. Sukarno tanggal 17 Agustus 1966 tentang Jasmerah alias ‘Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah’.

Bacaan Lainnya

“Bertakwalah kepada Allah waltanẓur nafsum ma qaddamat ligad, dan lihatlah masa lalumu sebagai bekal untuk membangun masa depanmu, jadi di dalam surat al-Hasyr ayat 18 ini ada dua kata takwa yang dikaitkan dengan masa lalu. Kalau ini dikaitkan dengan kehidupan kita, itu artinya kita diperintahkan untuk mengambil ibroh atau belajar dari sejarah,” jelas Mahfud dalam khutbahnya, Jumat (17/2).

Presiden Sukarno, lanjut Mahfud, berpesan jangan sekali-kali meninggalkan sejarah. Sebab, siapa pun yang mengabaikan sejarah, maka ia akan hancur.

“Dari sejarah kamu bisa belajar mana baik dan mana yang buruk. Dari sejarah engkau bisa tahu, bahwa orang jahat akan hancur pada saatnya, sedangkan orang baik itu akan dikenang oleh manusia-manusia setelahnya,” tambah Mahfud.

Di Masjid yang didedikasikan untuk almarhum Taufiq Kiemas ini, Mahfud menegaskan, jangan pernah lupa sejarah bahwa orang batil itu akan selalu menerima akibat dari perbuatannya.

Menekankan pentingnya mengambil pelajaran dari sejarah masa lalu, Mahfud kembali mengutip ayat dalam Al-Quran, Surat Alfatihah ayat 6 dan 7.

Ihdinas siraatal mustaqiim, bimbinglah kami jalan yang benar, apa itu? ya jalan yang benar menurut sejarah orang-orang yang lalu, Siraatal laziina an’amta ‘alaihim, jalan yang ditempuh dalam sejarah manusia, yaitu orang-orang yang diberi nikmat olehMu dan bukan orang-orang yang sesat,” papar Mahfud.

Usai salat Jumat, Mahfud MD dijamu makan siang oleh pengurus Masjid. Didampingi Pengurus DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah dan Prof Hamka Haq. Mahfud terlihat berjalan kaki ke aula Sekolah Partai PDI Perjuangan yang letaknya berseberangan jalan dengan Masjid At Taufiq.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait