Erdogan Jadi Presiden Turki Lagi Usai Menang di Putaran Kedua Pilpres 2023

Erdogan Turki
Recep Tayyip Erdogan bersama istri.

Inisiatifnews.com – Pimpinan Partai Keadilan dan Pembangunan, Recep Tayyip Erdogan kembali terpilih menjadi Presiden Turki untuk ketiga kalinya. Ia mendapatkan suara tertinggi di Pemilu 2023 putaran kedua.

Untuk itu, Erdogan akan memimpin Turki sebagai Presiden untuk periode 2023-2028 mendatang. Ini adalah upaya perpanjangan kekuasaan Erdogan sebagai Presiden Turki sejak pertama kali mendapatkan jabatan itu di tahun 2014 lalu.

Bacaan Lainnya

“Telah ditetapkan bahwa Recep Tayyip Edogan terpilih menjadi Presiden,” kata Dewan Pemilihan Tertinggi, Ahmet Yener dalam keterangannya, Senin (29/5).

Sebelumnya, dalam pemilu 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 14 Mei 2023, Recep Tayyip Erdogan maju sebagai Calon Presiden dari Partai Keadilan dan Pembangunan melawan Kemal Kilicdaroglu dari Partai Rakyat Republik dan Sinan Ogan dari kalangan independen atau non partai.

Selain Erdogan, Kemal dan Sinan, sebelumnya ada Muharrem Ince dari Partai Tanah Air. Ia mengundurkan diri dari pencalonan karena tersandung skandal video dewasa.

Dalam pemungutan suara tanggal 14 Mei 2023, Erdogan mendapatkan suara 49,50 persen suara, dan Kemal Kilicdaroglu memperoleh 44,89 persen suara. Sementara Sinan mendapatkan 5,17 persen.

Karena Erdogan dan Kemal sama-sama tidak berhasil mendapatkan suara 50 persen, maka Pemilu dilakukan putaran kedua dengan head to head antara Erdogan dan Kemal. Sementara Sinan mengalihkan suara ke Erdogan. Hasilnya, Erdogan mendapat 52,09 persen suara, dan Kemal Kilicdaroglu mendapat 47,91 persen.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait