Prabowo Sebut Anggota DPR Harus Kritis dan Tajam

Prabowo di Rakernas PSBI
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat menghadiri Rakernas PSBI di Arya Duta, Gambir, Jakarta Pusat.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto menyampiakan bahwa dirinya sering mendapatkan reaksi kritis dan tajam dari sahabatnya di Komisi I DPR RI, dia adalah Effendi Simbolon.

“Jadi karena yang ngundang itu namanya Effendi Simbolon, ini dibilang kawan ya kawan, tapi di Komisi I ini termasuk paling galak,” kata Prabowo dalam pembukaan Rakernas Pusat Punguan Simbolon dohot Boruna se-Indonesia (PSBI) di Hotel Arya Duta, Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta Pusat, Jumat (7/7).

Bacaan Lainnya

Bahkan ia sering deg-degan saat hendak rapat di Komisi I, apalagi ketika melihat ada politisi PDI Perjuangan itu.

“Saya juga kalau masuk ruangan Komisi I, kalau lihat ada Effendi,” ucapnya sembari disambut gelak tawa peserta di forum tersebut.

Pun demikian, ia merasa senang dengan orang-orang di DPR RI seperti Effendi Simbolon. Sikap kritisnya kepada pemerintah sangat penting untuk menjadi bagian dari control system dalam menjalankan roda pemerintahan yang ada.

“Tapi saya kira itulah seorang wakil rakyat yang benar, wakil rakyat ya harus kritis, wakil rakyat harus tajam, wakil rakyat harus berani, tapi jangan galak-galak pak, kan kita hopeng (sahabat),” ujarnya.

Sikap kritis dari DPR RI sebagai mitra kerja pemerintah sangat diperlukan. Jangan justru malah apa-apa di-iyakan sehingga fungsi kontrol menjadi lemah.

“Kita bisa kuat karena kita dapat suatu sanggahan yang kuat, kalau kita hanya menghadapi ‘Yes Man‘ semua, apa yang disampaikan pemimpin, apa yang disampaikan penguasa, apa yang disampaikan pemerintah, yes Sir, yes Sir, itu nggak baik,” tegasnya.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait