Perawat dan Nakes se Indonesia Aksi di DPR Tolak RUU Kesehatan

demi idi
Aksi unjuk rasa para perawat dan tenaga kesehatan di depan gedung DPR RI untuk menolak pengesahan RUU Kesehatan. [Foto : Adi]

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Aksi demonstrasi oleh perawat dan tenaga kesehatan atau nakes digelar di depan Gedung DPR RI, Jakarta, pada hari ini, Selasa (11/7).

Demonstrasi tersebut dilakukan sebagai bentuk penolakan terhadap pengesahan RUU Kesehatan menjadi undang-undang yang rencananya akan dilakukan lewat sidang paripurna DPR RI. 

Bacaan Lainnya

Mereka yang terlibat dalam aksi demo kali ini ialah organisasi yang terdiri atas Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Demonstrasi yang akan dikoordinir oleh organisasi PPNI ini diketahui mengusung tema ‘Selamatkan Kesehatan Rakyat Indonesia’.

Beberapa dari mereka juga melakukan orasi di atas mobil komando yang dilengkapi panji-panji organisasi keprofesian. Aksi ini merespons rencana DPR yang bakal mengesahkan RUU Omnibus Law Kesehatan menjadi Undang-Undang pada rapat paripurna hari ini.

Terlihat puluhan aparat kepolisian berbaris di belakang massa aksi. Sementara itu, lalu lintas depan gedung DPR tepatnya di jalan Gatot Subroto menuju arah Slipi terpantau ramai lancar. Tampak pula beberapa polisi lalu lintas membantu mengatur jalannya lalu lintas.

Kordinator lapangan nasional PPNI, Maryanto mengklaim aksi itu akan dihadiri ribuan massa aksi dari kelima organisasi profesi.

“Agendanya kita aktif prediksi dihadiri 5.000 orang dari 4 provinsi dan masih banyak dari daeah lain,” kata Panji di lokasi.

Di dalam aksi tersebut, massa aksi membawa 3 (tiga) tuntutan, di antaranya adalah :
1. Menghentikan pengesahan RUU yang mengancam keselamatan negara dan rakyat.
2. Menunda pengesahan RUU Kesehatan Omnibuslaw.
3. Membatalkan RUU Kesehatan karena dapat mengganggu stabilitas pelayanan kesehatan.

Pos terkait