Koma.id Edukasi Masyarakat Tangkal Hoaks Lewat Berbagi Berkah

Koma
Senyum ceria masyarakat. [foto : Koma.id]

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Dalam rangka mensyukuri HUT 78 Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus mengisi jumat berkah, tim redaksi Koma Indonesia (Koma.id) melakukan bagi-bagi bingkisan kepada masyarakat.

Menurut Pimpinan Redaksi Koma.id, Bustam mengatakan bahwa berbagi yang dilakukan tim redaksinya itu adalah bagian dari ungkapan rasa syukur bahwa Indonesia bisa memasuki usia yang ke 78 tahun.

Bacaan Lainnya

“Ini bagian dari ekspresi kita sebagai anak banga dan insan pers Indonesia. Berbagi adalah bagian dari budaya ketimuran kita,” kata Bustam dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/8).

Bingkisan yang dibagikan adalah roti dan air mineral. Walaupun bukan bingkisan yang mewah, setidaknya ada keceriaan yang dilihat dari raut wajah masyarakat yang menerima.

“Memang bukan sesuatu yang spesial, tapi melihat wajah sumringah masyarakat kami sangat bersyukur. Semoga ke depan bisa lebih banyak lagi, semoga, Insya Allah,” ujarnya.

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh Koma (Komunikasi Masyarakat) tersebut menyasar kalangan rakyat kecil, mulai dari mereka yang berprofesi sebagai ojek online, sopir bajaj, pedagang kecil hingga jemaah masjid dan lain-lain.

Selain berbagi, Rustam mengatakan bahwa misi lainnya adalah mengedukasi masyarakat tentant maraknya disinformasi atau hoaks yang ada di lingkungan mereka, khususnya melalui platform digital.

“Salah satu semangat redaksi Koma.id ini adalah bagaimana ikut mengedukasi masyarakat tentang maraknya hoaks. Dan kami juga terus berkomitmen untuk menghadirkan informasi fakta dan akurat melalui platform digital kami,” tuturnya.

Respons positif masyarakat

Aksi sosial dan edukasi yang dilakukan oleh Koma.id tersebut mendapatkan reaksi yang sangat positif. Salah satunya adalah Heru. Salah satu warga di bilangan Jakarta Selatan itu senang Koma tidak hanya hadir di platform digital, tapi bisa menyapa langsung masyarakat.

“Baru kali ini saya melihat ada media yang juga turun dan peduli sama masyarakat, mengedukasi langsung agar terhindar dari hoaks dan fitnah,” kata Heru.

Oleh sebab itu, ia pun menyampaikan harapan besar agar Koma.id terus menginspirasi dan menjadi corong masyarakat.

“Sukses selalu untuk Koma ‘Komunikasi Masyarakat’, semoga menjadi media yang terdepan berantas hoaks atau berita bohong,” pungkasnya.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait