Heru Budi Kerahkan 20 Unit Damkar Semprot Air Demi Atasi Polusi Udara Jakarta

Damkar DKI
Foto : Kompas.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan, bahwa Pemprov DKI tengah mengerahkan 20 unit kendaraan pemadam kebakaran (Damkar) untuk melakukan penyemprotan jalan di sepanjang Ibu Kota DKI Jakarta.

“Dinas Pemadam Kebakaran mulai kemarin sudah menurunkan 20 unit mobil pemadam untuk melakukan penyiraman,” kata Heru di Jakarta, Jumat (25/8).

Bacaan Lainnya

Penyemprotan jalanan ini menurut Heru adalah salah satu langkah pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menanggulangi polusi udara yang saat ini masih menjadi perhatian semua stakeholders.

“Terkait dengan penanganan polusi (udara),” ujarnya.

Proses penyemprotan atau penyiraman jalanan ini akan dilakukan sebanyak 2 (dua) kali setiap hari, yakni pagi pukul 10.00 WIB dan siang hari pukul 14.00 WIB.

Selain Dinas Pemadam Kebakaran, beberapa dinas juga ikut berpartisipasi, mulai dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Sumber Daya Air (SDA). Mereka akan melakukan operasi penyiraman jalanan di kawasan Patung Kuda Indosat, Blok M, kawasan Slipi dan Cawang. Semua akses jalan utama akan menjadi sasarannya.

“Itu setiap hari (dilakukan penyiraman),” imbuhnya.

Sekadar diketahui, kawasan Jabodetabek memang sejauh ini mengalami kondisi pencemaran udara. Bahkan kualitas udara melalui indikator Index Quality Air (IQA) beberapa hari terakhir ini sangat buruk dan tercatat dalam kategori tidak sehat.

Bagi Anda yang ingin memantau kondisi kualitas udara di Jakarta setiap saat, silakan kunjungi situs IQAir. Jika tercatat kondisi polusi udara tidak sehat, sebaiknya kenakan masker setiap berada di luar ruangan.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait