Administrasi Anies-Imin Rampung, Besok Siap Daftar ke KPU

Jubir Koalisi Perubahan
Juru bicara Koalisi Perubahan, Sudirman Said.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Jubir Bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Sudirman Said menyampaikan bahwa bakal capres dan bakal cawapres dari Koalisi perubahan sudah siap semua persyaratan dan administrasi yang diminta oleh KPU untuk mendaftar sebagai pasangan Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024 mendatang.

“Pasangan Capres Anies Baswedan dan Cawapres Muhaimin Iskandar ke KPU yang akan dilaksanakan insya Allah esok hari, 19 Oktober 2023 pukul 08.00 pagi sampai selesia,” kata Sudirman Said dalam konferensi persnya di Jakarta, Rabu (18/10).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan bahwa ada 16 syarat administrasi yang diminta oleh KPU agar bisa dilengkapi oleh paslon Capres-Cawapres yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, beserta para partai koalisi pendukungnya.

“16 persyaratan yang diharuskan oleh KPU untuk mendaftaran sudah kami selesaikan,” ujarnya.

Syarat-syarat tersebut antara lain ;

1. KTP suami istri,
2. Akta kelahiran suami istri,
3. SKCK,
4. Surat keterangan dari Pengadilan Negeri bebas utang,
5. Surat keterangan bebas dari tindak pidana,
6. Surat keterangan menjadi DPT dari KPUD setempat,
7. NPWP,
8. Tanda terima LHKPN,
9. Pemberitahuan kewajiban perpajakan,
10. Bukti bebas tunggakan pajak,
11. Surat keterangan domisili tempat tinggal,
12. Surat keterangan sebagai warga negara Indonesia,
13. Ijazah SMA – Perguruan Tinggi,
14. Surat Pernyataan calon dengan materai,
15. Daftar Riwayat Hidup,
16. Pass foto masing-masing calon.

Selain itu, dokumen pelengkap lainnya untuk administrasi pendaftaran juga disampaikan Sudirman Said sudah disiapkan oleh koalisi partai politik pengusung Anies-Imin.

“Formulir-formulir pencalonan, formulir kesepakatan parpol dengan paslon, formulir kesepakatan antar parpol, rekomendasi, visi misi yang sudah dirumuskan, surat penunjukan petugas penghubung, sampai pada surat pengajuan pembukaan akses silon,” jelasnya.

Dengan demikian, ia memastikan bahwa semua syarat dan dokumen administrasi pendaftaran sebagai pasangan Capres-Cawapres untuk Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar sudah siap dan tinggal dibawa saat pendaftaran besok pagi.

“Semua persyaratan alhamdulillah sudah kita penuhi, dan besok kami untuk berangkat mendaftar,” terang Sudirman.

Di sisi lain, mantan Menteri ESDM tersebut menyampaikan, bahwa saat ini, materi visi dan misi Anies-Imin pun sudah diunggah di laman resmi KPU di https://kpu.go.id.

“Ini adalah hasil proses panjang, melalui paslon yang mendengar dari masyarakat, dari para ahli dan praktisi, insya Allah sudah mewakili aspirasi yang dikehendaki masyarakat seluruh Indonesia,” tuturnya.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait