Jokowi Kutuk Serangan Brutal Israel ke Palestina

Jokowi
Konferensi pers Presiden Joko Widodo tentang Palestina vs Israel dari Riyadh, Arab Saudi.

Inisiatifnews.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kecamannya atas tindak kekerasan yang terjadi di kawasan Gaza, Palestina beberapa waktu lalu atas agresi dari Israel. Ia juga mengutuk keras serangan Israel terhadap salah satu rumah sakit di kawasan tersebut.

Menurutnya, kekerasan di Gaza tersebut jelas merupakan pelanggaran terhadap hukum humaniter, karena menelan banyak korban sipil, termasuk perempuan dan anak-anak.

Bacaan Lainnya

“Ini (tindak kekerasan di Gaza) jelas pelanggaran terhadap hukum humaniter Internasional,” kata Jokowi dalam keterangannya melalui tayangan video yang dikutip, Kamis (19/10).

Melihat hal tersebut, Kepala Negara itu pun memerintahkan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi untuk hadir dalam KLB OKI, yang merupakan pertemuan para Menlu di Jeddah, Arab Saudi, hari ini.

Selain itu, Jokowi juga memerintahkan Menlu untuk mengupayakan bantuan kepada Palestina dalam hal evakuasi para korban.

“Indonesia tidak akan tinggal diam melihat warga sipil terus berjatuhan, terhadap ketidakadilan terhadap rakyat Palestina, yang terus terjadi,” tegasnya.

Jokowi menegaskan, Indonesia bersama OKI mengirimkan pesan kepada dunia untuk segera menghentikan eskalasi dan segala bentuk kekekerasan.

Menurutnya, alangkah baiknya untuk fokus pada masalah kemanusiaan dan menyelesaikan akar permasalahannya, yaitu pendudukan Israel atas Palestina.

“Sekaranglah saatnya dunia berdiri bersama, membangun solidaritas global untuk menyelesaikan masalah Palestina secara adil dan menerapkan parameter internasional yang telah disepakati,” tukas Jokowi.

ini akan terus Indonesia suarakan di berbagai kesempatan, termasuk di berbagai forum internasional yang diikuti Indonesia, termasuk dalan KTT ASEAN-Gulf Cooperation Council (ASEAN-GCC) yang akan berlangsung di Arab Saudi, pada Jumat (20/10) besok.

Pos terkait