Habib Rizieq Puji Retno Marsudi Tegas Indonesia Bela Kemerdekaan Palestina

rizieq
Habib Rizieq Shihab

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Imam Besar Front Persaudaraan Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas sikap mereka terhadap konflik yang terjadi antara Palestina dengan Israel.

“Kita terima kasih kepada pemerintah Indonesia, kemarin Menteri Luar Negerinya bicara sangat bagus di Serikat Bangsa Bangsa, khususnya dewan keamanan PBB,” kata Habib Rizieq dalam kajian di Markaz Syariah Petamburan, Jakarta Pusat.

Bacaan Lainnya

Ia menilai bahwa sikap pemerintah Indonesia khususnya yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi adalah sikap yang tepat dan tegas.

“Itu Ibu Retno menteri luar negeri kita bagus, bicaranya tajam menohok, dan tetap menegaskan bahwa Indonesia sejak dulu sampai saat ini membela Palestina dan menuntut kemerdekaan Palestina,” ujarnya.

Sikap pemerintah Indonesia di forum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tersebut harus didukung dan diamini oleh seluruh umat Islam di Indonesia khususnya.

“Dan Indonesia menunjukkan sikap berpihak pada Palestina,” sambungnya.

Pun demikian, Habib Rizieq tetap berharap agar pemerintah Indonesia tidak hanya sekadar menyampaikan dukungan terhadap Palestina hanya dari lisan saja, akan tetapi bisa diimplementasikan dalam kebijakan-kebijakan politik luar negerinya.

“Walaupun dalam kebijakan-kebijakan politik yang lainnya kita masih menunggu, mudah-mudahan Indonesia ke depan bisa lebih tegas lagi,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, bahwa Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Lestari Priansari Marsudi telah menyampaikan pidatonya yang cukup menohok untuk PBB, atas kejahatan perang yang dialami rakyat Palestina.

Menlu Retno awalnya mengatakan, ia terbang selama 21 jam dari Jakarta menuju ke sidang Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Itu ia lakukan demi misi kemanusiaan untuk Palestina.

“Saya hanya mengingatkan dewan keamanan ini, bahwa Anda memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga perdamaian dan keamanan, bukan untuk memperpanjang perang,” katanya dikutip pada Rabu, 1 November 2023 kemarin.

“Bukan untuk mendukung pihak mana pun untuk melanjutkan perang,” sambungnya.

Lalu, Retno juga menegaskan, bahwa Indonesia mengutuk keras berlanjutnya agresi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap warga sipil oleh Israel di Gaza.

“Kita sedang menyaksikan bencana kemanusiaan, kejahatan terhadap kemanusiaan yang terus terjadi selagi kita berbicara (di sidang PBB),” tegasnya.

“Apakah kita akan terus berpangku tangan? (Israel) menyerang sumah sakit tempat ibadah, menghalangi akses terhadap listrik, air, minyak dan menggusur penduduk jalur Gaza,” timpalnya lagi.

Sejalan dengan statemen Retno, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyatakan bahwa Indonesia sangat mengutuk keras kekerasan dan serangan yang dilakukan oleh militer Israel kepada masyarakat sipil di Gaza, Palestina.

“Indonesia sangat marah terhadap memburuknya situasi di Gaza, terutama situasi kemanusiaan,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi persnya pada hari Senin (30/10).

Ia pastikan akan terus memonitor perkembangan yang terjadi di kawasan Timur Tengah tersebut. Apalagi saat militer Israel sudah melakukan serangan kepada fasilitas publik yang seharusnya aman.

“Kita terus ikuti secara dekat perkembangan di Gaza. Dan posisi Indonesia sangat jelas dan tegas, mengutuk keras serangan acak terhadap masyarakat sipil dan fasilitas sipil di Gaza,” ujarnya.

Oleh sebab itu, sebagai bagian dari negara non blok, Indonesia terus mengampanyekan upaya perdamaian antar kedua belah pihak, baik militer Palestina dengan Hamas-nya, maupun Israel.

“Kekerasan harus dihentikan, gencatan senjata harus terus diupayakan,” tegas Jokowi.

Bahkan ia juga mendorong bantuan kemanusiaan agar terus digencarkan, sekaligus mengupayakan penyelesaian masalah antara Israel dengan Palestina.

“Bantuan kemanusiaan harus terus didorong dan dipercepat, diakselerasi dan Indonesia terus melakukan komunikasi dengan banyak pihak untuk mengupayakan penyelesaian masalah ini,” sambungnya.

Pos terkait