Nawawi Pomolango Jadi Pengganti Sementara Firli Bahuri

Nawawi Pomolango
Plt Ketua KPK, Nawawi Pomolango.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, Presiden Jokowi telah menandatangani keputusan presiden (Keppres) terkait hal tersebut.

Dari Keppres tersebut, Nawawi Pomolango didampuk oleh Jokowi sebagai ketua KPK sementara menggantikan sementara Firli Bahuri yang menjadi tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang digarap oleh Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Bacaan Lainnya

“Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri, sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK,” ucap Ari Dwipayana dalam keterangannya, Jumat (24/11) malam.

Dikatakan Ari Keppres pemberhentian Firli Bahuri sebagai ketua KPK dan penetapan Nawawi menjadi ketua KPK sementara Presiden Jokowi saat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat (24/11). Jokowi tiba di Halim setelah kunjungan kerja ke Papua dan Kalimantan

“Keppres ini ditandatangani oleh Presiden Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat malam, 24 November 2023, setiba dari kunjungan kerja dari Kalimantan Barat,” ujar Ari.

Nawawi Pomolango adalah wakil Ketua KPK periode 2019 – 2023. Ia merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi yang mengawali karirnya sebagai hakim di Pengadilan Negeri Soasio Tidore, Kabupaten Halmahera Tengah pada tahun 1992.

Lalu, Nawawi juga pernah berdinas di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada tahun 2011-2013, setelah itu ia menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada tahun 2016. Hingga akhir 2017, Nawawi mendapatkan promosi sebagai hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi Denpasar.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait