Kiai dan Santri di Jawa Timur Kompak Dukung Ganjar Mahfud Menang 2024

Mahfud MD (2)
Cawapres 2024, Mahfud MD.

JAWA TIMUR, Inisiatifnews.com – Calon Wakil Presiden, Prof Mahfud MD bersyukur mendapatkan suntikan lagi dukungan politik dari masyarakat yang notabane adalah para kiai dan ulama se Jawa Timur.

Mereka hadir dari beberapa daerah, termasuk di antaranya adalah dari Trenggalek, Kediri, Blitar, Tulungagung, Madiun, Ngawi, Pacitan, dan Nganjuk.

Bacaan Lainnya

“Ini ada silaturrahim dan deklarasi. Karena musim pemilu ya deklarasi, it’s oke,” kata Mahfud MD di Ponpes Sulaiman Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (2/12).

Pun demikian, Mahfud tetap ingin menekankan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan. Sementara soal pilihan politik, ia tak ingin memaksakan kehendak rakyat.

“Tetap yang diharapkan rakyat tetap rukun menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pilih sesuai bisikan nurani dan keyakinannya, apa yang baik bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Memang dirinya dipercaya partai koalisi untuk menjadi Cawapres mendampingi Ganjar Pranowo. Hanya saja ia mempersilakan masyarakat menilai sendiri apakah dirinya pantas menjadi pemimpin Indonesia ke depan atau tidak.

“Silakan dinilai sesuai obyektifitas yang benar, kalau tidak ya tidak usah,” tandasnya.

Melalui kesempatan silaturrahmi dan deklarasi tersebut, tokoh nasional asal Madura, Jawa Timur tersebut selalu berkomitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

“Saya harap dengan ini semau kiai dan santri tetap rukun membawa semangat kepesantrenan yang penuh kejujuran, kerukunan dan membangun masyarakat menjadi lebih taqwa dan baik, cinta pada bangaa dan republik negaranya,” tuturnya.

Ia juga berharap agar ara ulama dan santri saling menjaga satu sama lain terharap potensi kecurangan pihak tertentu dengan tekanan-tekanan sosial politiknya.

“Mudah-mudahan semua mendorong agar para santri ikut pemilu dengan bebas dan melindungi para santri dan masyarakat atas tekanan-tekanan politik yang tidak sehat,” tegasnya.

Lebih lanjut, Mahfud juga menekankan bahwa potensi tentang adanya tekanan-tekanan seperti itu masih sangat besar terjadi. Sehingga kewaspadaan di kalangan masyarakat patut ditingkatkan.

“Bagaimanapun isu itu ada, tekanan politik dari aparat dan pemerintah nggak usah dilawan, nggak ada gunanya dilawan, diiyakan aja, nanti pas pencoblosan tinggal pilih sesuai keyakinan dan sesuai dengan tuntunan,” sambung Mahfud.

Sekadar diketahui, bahwa para kyai dan santri se-Mataraman hadir menyatakan dukungan mereka kepada Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Mereka terdiri dari para kiai dan santri dari ; Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Blitar, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Tulungagung.

Mereka tergabung di dalam Kyai Santri Bersama Mahfud (KSBM). Berikut adalah isi dari deklarasi tersebut ;

Bismillahirrhmaanirrahim

Asyhadu anlaa ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadarrasulullah

Radhitubullahi rabba wabil islami diina, wabi muhammadinnabiyya warrashua.

1. Kami kiai santri dan seluruh masyarakt se Mataraman, berkomitmen untuk keutuhan NKRI dan Pancasila.

2. Kami kiai santri dan seluruh masyarakat se Mataraman, siap mengawal, mendukung dan mensukseskan H Ganjar Pranowo dan Prof Mahfud MD sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.

Laa haula walaa quwwata illabillahil ‘aliyyil adzim.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait