Doni Monardo Meninggal Dunia

Doni Monardo
Letjen TNI (purn) Doni Monardo.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI (purn) Doni Monardo meninggal dunia. Ia menghembuskan nafas terakhir di usia ke 60 tahun di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta Selatan pada hari Minggu (3/12) pukul 17.36 WIB.

Saat ini, jenazah almarhum Doni Monardo sedang diberangkatkan dari Rumah Sakit Siloam menuju ke rumah duka di Jalan Bukit Golf II Blok A Nomor 12, Lengkong Karya, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten.

Bacaan Lainnya

Rencananya, jenazah akan dilepas secara militer dari rumah duka menuju ke Mako Kopassus TNI AD di Cijantung, Jakarta Timur pada hari Senin (14/12) pagi.

Perwakilan Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Brigjen TNI (Purn) Bambang Irianto mengatakan, bahwa jenazah almarhum Letjen TNI (purn) Doni Monardo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, besok.

“Besok pagi jenazah dibawa ke Mako Kopassus, selanjutnya dimakamkan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata,” kata Bambang Irianto Minggu malam.

Doni adalah seorang purnawirawan jenderal TNI berpangkat Letjen dengan tiga bintang di pundaknya. Ia juga merupakan prajurit TNI yang memiliki prestasi banyak, termasuk di antaranya adalah pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), kemudian pernah juga dipercaya menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) TNI AD.

Selain itu, ia juga pernah menjabat di dua wilayah sebagai Panglima Daerah Militer, yakni sebagai Pangdam XVI/Pattimura, dan Pangdam III/Siliwangi.

Selanjutnya pada tahun 2019-2021, ia dipercaya Presiden Joko Widodo menduduki jabatan sebagai Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Dan jabatan ini menjadi salah satu yang paling berat, karena saat dirinya menjabat, wabah Covid-19 yang membuat ratusan ribu masyarakat meninggal dunia berdasarkan catatan dari Kementerian Kesehatan.

Saat purna tugas menjadi Kepala BNPB sekaligus pensiun dari TNI, Doni Monardo dipercaya menjabat sebagai Ketua Umum PPAD (Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat) masa bakti 2022-2023.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait