KPK dan Polri Teken Perjanjian Koordinasi Supervisi Kasus Korupsi

Kapolri dan Ketua KPK
Kapolri dan Ketua KPK sepakat tentang supervisi.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melakukan kerja sama koordinasi dan supervisi terkait penanganan kasus dugaan tindak pidana korupsi. Kerja sama ini sebagai bentuk sinergi antar penegak hukum dalam pemberantasan korupsi.

“Kaitan dengan upaya implementasi dari antara aparat penegak hukum inilah maka pada hari ini 4 Desember kami dengan Pak Kapolri, melalui Kabareksim dan Deputi Koordinasi Supervisi KPK menandatangani perjanjian kerja sama dalam kaitannya dengan koordinasi dan supervisi dalam penanganan tindak pidana korupsi,” ucap Ketua Sementara KPK, Nawawi Pomolango kepada wartawan usai menandatangani perjanjian kerja sama, Senin (4/12).

Bacaan Lainnya

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara KPK dan Polri di gedung Merah Putih KPK pada hari ini dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo; Kabareskrim Komjen Pol Wahyu Widada, Inspektur Pengawasan Umum Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri, Kadiv Propam Polri Irjen Pol Syahar Diantono, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho, Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Pol Dedi Prasetyo, dan Kepala Divisi Hukum Polri Irjen Pol Viktor Theodorus Sihombing.

Sayangnya, Nawawi tak merinci lebih lanjut soal penanganan tindak pidana korupsi tersebut. Yang jelas, kata Nawawi, kerja sama ini atas sejumlah temuan yang diperoleh dari lembaga antikorupsi dari lapangan.

“Sejauh ini kita masih melihat pelaksanaan di lapangan terkait dnegan koordiansi dan supervisi ini dari segala temuan yang kita peroleh dilapangan ini kemudian coba kita kemas dalam 1 perjanjian kerjasama,” kata Nawawi.

Sementara itu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan jajarannya berkomitmen mendukung langkah-langkah KPK dalam menegakkan hukum, khususnya memberantas korupsi. Dikatakan Listyo, penandatanganan perjanjian kerja sama antara KPK dan Polri sebagai upaya meningkatkan sinergitas dan bidang koordinasi dan supervisi yang sebelumnya sudah ada dalam nota kesepahaman.

“Hari ini saya bersama sama pejabat utama Mabes Polri hadir di gedung KPK hari ini untuk menyaksikan penandatanganan kerja sama antara KPK dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, di bidang koordiansi dan supervisi. Dan tentunya hal ini menjadi penting sebagai bentuk untuk terus meningkatkan sinergitas yang selama ini sudah terbangun karena KPK dan polri telah ada nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama di bidang supervisi ini merupakan bagian dari nota kesepahaman yang sudah ada,” ucap Kapolri Listyo.

Sama seperti Nawawi, Kapolri Listyo enggan membocorkan terkait penanganan tindak pidana korupsi itu.

“Ini menjadi komitmen kami Polri untuk terus mendukung terkait dengan langkah-langkah KPK Republik Indoensia dalam menegakkan hukum khsusnya dibidang tindak pidana korupsi. Dan ini merupakan momentum kami untuk terus bersinergi, terus mendukung termasuk tentunya kami juga siap berkoordinasi dan juga disupervisi,” ujar Kapolri Listyo.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait