Pesawat Kargo Tergelincir di Intan Jaya, 3 Orang Luka-luka Termasuk Pilot

Pesawat Caravan
Pesawat Caravan Daby Air PK – DPP yang mengalami kecelakaan di Intan Jaya pada hari Kamis, 7 Desember 2023.

PAPUA, Inisiatifnews.com – Sebuah kecelakaan pesawat Caravan Daby Air PK – DPP terjadi di lapangan terbang Pogapa, distrik Homeyo, Intan Jaya, Papua pada hari Kamis (7/12) sekira pukul 09.50 WIT. Hal ini pun dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo. Ia menyampaikan bahwa tersebut mengalami kecelakaan saat dari dari Nabire.

“Pesawat tersebut diketahui datang dari Nabire dan kecelakaan terjadi saat dalam proses pendaratan di Bandara Pogapa,” kata Kombes Pol Ignatius Benny dalam keterangannya yang dikutip hari ini.

Bacaan Lainnya

Ia menyampaikan bahwa kemungkinan kecelakaan tersebut terjadi karena roda pesawat tergelincir saat melakukan pendaratan.

“Kemungkinan karena kondisi landasan yang licin sehingga pengereman tidak berjalan dengan sempurna, dan akhirnya pesawat menabrak bukit di area parkiran pesawat,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Intan Jaya, AKBP Afrizal Asri menjelaskan, bahwa pesawat tersebut diterbangkan oleh Capt. Irela dan Co Pilot Hendry dengan membawa 5 penumpang yakni Pendeta Saul Bagau, Melek Bagau, Debora Bagau, James Bagau dan seorang anak kecil. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

“Capt. Irela, Melek Bagau dan Debora Bagau mengalami luka ringan, dan saat ini telah dibawa ke Puskesmas untuk mendapat perawatan medis,” kata AKBP Afrizal.

Lebih lanjut, Kapolres Afrizal juga menerangkan, bahwa akibat kejadian ini, pesawat mengalami kerusakan pada beberapa bagian, seperti baling-baling dan roda depan yang patah.

“Kepolisian sedang menyelidiki kasus ini dan berkoordinasi dengan pihak maskapai dan pihak Bandara untuk mengetahui faktor-faktor yang berkontribusi pada kejadian ini serta langkah-langkah preventif yang dapat diambil untuk menghindari kejadian serupa di masa yang akan datang,” tuturnya.

Terakhir, ia memastikan bahwa peristiwa ini akan menjadi perharian khusus dari pihak keamanan penerbangan di wilayahnya.

“Insiden ini menjadi perhatian serius bagi otoritas terkait guna memastikan keamanan penerbangan di wilayah tersebut,” pungkasnya.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait