Jokowi Tawarkan Kerja Sama Menarik ke Jepang

Jokowi di KTT ASEAN Jepang
Presiden Joko Widodo saat menghadiri KTT ASEAN Jepang di Tokyo.

TOKYO, Inisiatifnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berada di Jepang hingga tanggal 18 Desember 2023 mendatang. Di sana, ia akan didapuk sebagai perwakilan co-initiator KTT ASEAN-Jepang yang diselenggarakan di Tokyo.

Agenda 3 KTT Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang di Tokyo tersebut mengambil tema “Heart to Heart Partners Across Generation”. Ada materi soal masa depan masyarakat dan ekonomi di era industri digital yang lebih canggih, di mana diagnosa level industri ke depan adalah dengan pengembangan robotik dan mesin pintar itu.

Bacaan Lainnya

“Dalam kesempatan berbicara, saya mendorong penguatan kolaborasi antara ASEAN dan Jepang untuk menghadapi transformasi revolusi industri 5.0,” kata Presiden Jokowi dalam keterangannya, Minggu (17/12).

Menurutnya, selama 50 tahun terakhir ini, ASEAN-Jepang telah bahu-membahu memperkokoh kemitraan dan merekatkan masyarakat melalui program beasiswa dan pertukaran pemuda serta budaya. Hanya saja kata Jokowi, tantangan ke depan makin kompleks.

“Karena itu, saya menawarkan beberapa hal untuk memperkuat kerja sama antara ASEAN dan Jepang,” ujarnya.

Salah satunya adalah bagaimana seluruh negara peserta KTT ASEAN-Jepang bisa bahu membahu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan sektor pendidikan dan riset.

“Terkait peningkatan kualitas talenta melalui kerja sama pendidikan dan pengembangan penelitian sesuai prioritas antarnegara,” tutur Jokowi.

Selain itu, ada juga soal peningkatan industri teknologi startup yang lebih masih untuk membantu menopang semangat transformasi digital. Karena ke depan, semua bidang berpotensi memasuki fase digitalisasi.

“Jejaring pebisnis muda dan startups harus diperkuat dan disiapkan untuk mempercepat pengembangan ekonomi digital dan industri strategis seperti manufaktur dan semikonduktor,” pungkasnya.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait