Innalillahi, 13 Orang Meninggal Dalam Ledakan Tungku di Smelter PT ITSS Morowali

PT ITSS
Ledakan tungku smelter di PT ITSS Morowali, Sulteng.

Inisiatifnews.com – Sebuah tungu smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (PT ITSS) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah mengalami ledakan dan kebakaran hebat.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolres Bahodopi, Ipda Edi Cahyono. Ia menyampaikan bahwa ledakan ada di sebuah tungku yang ada di pabrik produksi baja nirkarat tersebut.

“Iya, benar ada ledakan,” kata Ipda Edi dalam keterangannya, Minggu (24/12).

Sementara itu, Kasie Humas Polres Morowali, Ipda Abdul Hamid menyampaikan bahwa berdasarkan keterangan yang dihimpun, setidaknya ada 13 orang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

“Data sementara 13 orang meninggal,” kata Ipda Abdul Hamid.

Di sisi lain, Ketua Exco Partai Buruh Kabupaten Morowali, Katsaing menyampaikan bahwa insiden tersebut berlangsung pada pagi tadi.

“Pada pukul 05.30 WIB,” kata Katsaing.

Kejadian itu bermula saat para pekerja sedang melakukan perbaikan tungku dan pemasangan plat pada bagian tungku tersebut. Kebakaran itu juga menyulut beberapa tabung oksigen yang ada di sekitar lokasi dan membuat kedakan semakin besar hingga apu melahap bangunan serta sejumlah pekerja.

“Menurut kesaksian karyawan pero silicone PT ITSS sedang melakukan perbaikan tungku,” jelasnya.

Akibat ledakan itu, Katsaing menyebut bahw ada laporan yang masuk ke pihaknya, bahwa diduga ada belasan orang yang meninggal dunia. Termasuk ada yang kritis, luka berat, maupun luka ringan.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait