Kapolri Minta Stakeholder Kritik dan Saran Demi Kebaikan Polri

Kapolri Akhir Tahun 2023
Laporan akhir tahun Polri 2023.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan ucapan terima kasih atas semua kritik dan saran yang dilakukan oleh elemen masyarakat sipil dalam rangka membangun institusi Polri yang lebih baik lagi.

“Berkat dedikasi seluruh personel Polri bersama stakeholder terkait, serta kritik dan saran segenap elemen masyarakat, Polri berhasil meraih nilai yang memuaskan berdasarkan hasil Survei Litbang Kompas,” kata Listyo dalam keterangannya, Sabtu (30/12).

Bacaan Lainnya

Karena keinginan besarnya sebenarnya adalah mengembalikan semangat kerja Polri untuk lebih baik lagi kepada masyarakat, sehingga institusi yang dipimpinnya itu bisa kembali dipercaya oleh publik dan bisa bekerja sama dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) lebih baik lagi.

“Capaian ini jadi motivasi bagi Polri untuk melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan kepolisian guna wujudkan Polri yang tegas, humanis dan merakyat,” ucapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa Polri masih terus perlu melakukan perbaikan dan pembenahan di semua aspek. Sehingga ia pun meminta maaf atas semua kekurangan institusinya itu. Sekaligus memohon doa dan dukungan seluruh masyarakat luas untuk kebaikan institusi.

“Kami atas nama pimpinan Polri dan seluruh keluarga besar Polri, dari lubuk hati yang paling dalam mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya,” tukasnya.

“Dan kami mohon untuk terus didoakan, didoakan agar Polri ini betul-betul bisa melaksanakan tugas kami yang betul-betul bisa dirasakan dan memenuhi harapan masyarakat,” pungkas Kapolri.

Sekadar diketahui, bahwa survei Litbang Kompas menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri selama sepanjang periode survei 22 Oktober – 15 November 2023. Yang mana persepsi positif publik terhadap kinerja Polri mencapai angka 87,8 persen.

“Secara rata-rata, tak kurang 87,8 persen publik menyatakan puas atas kinerja yang ditunjukkan oleh Polri. Kinerja Polri dalam melayani publik mendapatkan apresiasi paling tinggi,” tulis survei Litbang Kompas, dikutip Selasa (26/12).

Dalam survei tersebut juga dijelaskan, tugas Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) dinilai sangat positif oleh publik. Lebih dari 89 persen responden sepakat menyatakan puas dengan upaya Polri dalam menjaga kamtibmas.

Untuk aspek penegakan hukum yang dilakukan Polri, empat dari lima responden menilai sangat puas. Sementara, untuk pelayanan pengaduan masyarakat mendapat angka kepuasan 68,7 persen. Masyarakat menyatakan, pengaduan dapat dilakukan dengan mendatangi langsung kantor polisi. Namun, 16,8 persen responden memilih melakukan pengaduan lewat media sosial.

“Dalam model jawaban multiple response, selain datang langsung ke kantor polisi, sekitar seperlima bagian responden menjawab pengaduan dapat melalui layanan Call Center Polri,” demikian penjelasan hasil survei.

Dari hasil survei Litbang Kompas itu, secara keseluruhan menunjukkan bahwa evaluasi kinerja Polri mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat. Hal itu menunjukkan bahwa komitmen Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk menghadirkan personel yang profesional telah terealisasi.

“Apa yang terefleksi dalam kinerja yang ditunjukkan oleh Polri tersebut juga semestinya menjadi bentuk konfirmasi bahwa upaya pembenahan, termasuk pengawasan melekat dalam internal institusi, telah berjalan apik,” jelas survei tersebut.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait