Mahfud MD Shalat Jenazah, Anggap Rizal Ramli Tak Sekadar Sahabat

Mahfud MD layat
Menko Polhukam, Mahfud MD saat melayat ke rumah duka dan shalat jenazah untuk almarhum Rizal Ramli.

JAKARTA, Inisiatifnews.com- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Prof Mahfud MD menyampaikan rasa bela sungkawanya atas meninggalnya Rizal Ramli, sahabatnya yang selama ini menjadi mitra kritisnya, khususnya dalam pengelolaan pemerintahan.

Hal ini disampaikan Mahfud usai melakukan takziyah ke rumah duka Rizal Ramli di Jalan Bangka IX nomor 49R, Jakarta Selatan.

Bacaan Lainnya

“Saya berbelasungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian sahabat saya, Rizal Ramli. Kita semua kehilangan. Dunia aktivisme, dunia intelektualisme, dunia pergerakan, civil society, kehilangan seorang tokoh besarnya,” kata Mahfud dalam keterangannya, Rabu (3/1) .

Ia tak menyangka Rizal Ramli bisa berpulang secepat itu. Apalagi dirinya terakhir bertemu saat sama-sama menghadiri perayaan ulang tahun sahabat mereka, yakni Luhut Binsar Pandjaitan.

“Saya terakhir bertemu almarhum pada September lalu, saat ulang tahun Pak Luhut Pandjaitan. Saya bergurau dengan beliau di situ, berpelukan, saling cerita-cerita, beliau masih tampak segar,” ujarnya.

Di sisi lain, Mahfud yang saat ini menjadi Cawapres nomor urut 03 di Pilpres 2024 tersebut mengaku, bahwa sosok Rizal Ramli tidak hanya sebatas sahabat.

“Almarhum bagi saya tidak semata sahabat, tapi partner yang baik, dalam hal berpandangan yang sama dan saling mendukung, maupun dalam hal berbeda pandangan dan saling mengkritik,” terangnya.

Walaupun terkesan ada perbedaan di dalam tata kelola pemerintahan, Mahfud MD menyatakan bahwa apa yang menjadi gagasan dan ide-ide Rizal Ramli sebenarnya sama dengan dirinya. Apa yang dibaca dan dilihat Rizal Ramli memang untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Pada pokok-pokok ide yang besar, saya dengan Mas Rizal selalu sama, untuk negara dan masyarakat. Dalam hal yang sifatnya taktis operasional, kami bisa berbeda dan kita bisa saling mendukung dan saling mengkritik,” tuturnya.

Oleh sebab itu, ia berharap agar Rizal Ramli mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Alfatihah. Selamat jalan, Mas Rizal Ramli,” pungkas Mahfud.

Sekadar diketahui, bahwa Rizal Ramli meninggal dunia di RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) Jakarta Pusat pada hari Selasa, 2 Januari 2024. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di usia yang ke 69 tahun pada pukul 19.30 WIB.

Berdasarkan keterangan staf khususnya, Tri Wibowo Santoso, bahwa Rizal Ramli meninggal dunia karena penyakit kanker pankreas yang diidapnya sejak lama.

“(Sakit) kanker pankreas,” kata pria yang karib disapa Bowo tersebut.

Ia pun menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada seluruh pihak jika sepanjang hidupnya, Rizal Ramli memiliki dosa dan kesalahan.

“Mohon dibukakan pintu maaf seluas-luasnya,” ucapnya.

Lantas, Bowo juga menyampaikan bahwa Rizal Ramli akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut Jakarta Selatan pada hari Kamis, 4 Desember 2024 usah shalat dzuhur.

“Besok (4/1), RR (Rizal Ramli) dimakamkan di TPU Jeruk Purut BLOK 47, (Blok Bawah) ba’da dhuhur,” ujarnya.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait