Survei IPO : PDIP Paling Populer Saat Ini

PDI Perjuangan
PDI Perjuangan

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Direktur eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah memaparkan hasil survei yang dilakukan oleh lembaganya. Salah satu penilaian yang diambil adalah soal popularitas dari partai politik peserta pemilu 2024.

Dari hal tersebut menyebutkan hasil survei yang dilakukan IPO, bahwa partai PDI Perjuangan merupakan partai yang paling popular di masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Partai PDI Perjuangan tetap menjadi yang paling popular di kalangan masyarakat, yaitu berada pada 97%,” kata Dedi Kurnia Syah dalam rilis survei, Rabu (10/1).

Di dalam survei tersebut, juga melihat elektabilitas pada calon legislatif dari partai mana dari masyarakat, itu juga di dominasi oleh PDI Perjuangan, walaupun mengalami penurunan pada survei kali ini.

“Elektabilitas tertinggi pada calon legislatif masih di pimpin oleh PDI Perjuangan dengan 22,5%, namun walau begitu, PDI mengalami penurunan kalau dibanding dengan periode Maret 2023 sebesar 26%,” ucapnya Dedi.

Pada survei logo partai yang dilakukan, untuk melihat intensitas seringnya dilihat atau didengar di televisi selama 3 bulan terakhir ini.

“Sebasar logo partai yang dapat dilihat atau didengar di televisi selama 3 bulan terakhir ini masih menjadi popular dengan partai PDI Perjuangan dengan jumlah 51.1%,” sambungnya Dedi.

Namun pada survei popularitas partai yang dilakukan IPO, mereka merasa aneh karena penurunan partai Perindo di televisi.

“Ini yang aneh, dulu Perindo sangat sering dilihat di televisi, namun pada saat ini malah di bawah partai PKM (Partai Kebangkitan Bangsa) untuk partai yang paling sering muncul atau terdengar di Televisi” tuturnya.

Sekadar diketahui, bahwa riset tersebut dilakukan IPO dalam rentang waktu 1-7 Januari 2024 dengan menggunakan teknik multistage random sampling (MRS) secara bertingkat. Jumlah responden yang dijadikan sample sebanyak 1.200 orang yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Survei tersebut memiliki pengukuran kesalahan (Margin of Error/MoE) 2.50%, dengan tingkat akurasi data 95%.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait