Pemudik 2024 Diprediksi Capai 190 Juta, Presiden Imbau Rakyat Mudik Lebih Awal

Jokowi
Presiden Joko Widodo.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa berdasarkan survei yang dilakukan pemerintah dan jajaran lembaga terkait, angka mudik tahun 2024 akan mengalami lonjakan yang sangat tinggi dibandingkan dengan mudik-mudik sebelumnya, khususnya pasca pandemi Covid-19.

“Tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikannya 56% dibanding tahun yang lalu,” kata Presiden Jokowi di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta Utara, Kamis (28/3).

Bacaan Lainnya

Setidaknya, ada sebanyak 190 juta masyarakat akan melakukan aktivitas mudik lebaran 1445 H. Sehingga ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk bisa melakukan perjalanan mudik lebih awal.

“Total yang akan mudik 190 juta tahun ini, kurang lebih, ini dari survei,” ujarnya. “Oleh sebab itu, saya menghimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal,” sambungnya.

Imbauan ini disampaikan Presiden Jokowi agar perjalanan mudik masyarakat tidak tersendat dan semua pihak bisa merasakan kenyamanan dalam melakukan perjalanan mudik dan berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman.

“Kalau tidak, keluarganya dulu yang diberangkatkan untuk mudik, agar apa, mudik kita tahun ini semuanya berada pada posisi yang nyaman,” sambungnya.

Saat ditanya kira-kira ia akan lebaran di mana, apakah di Jakarta, Bogor ataukah di Solo, Presiden Jokowi enggan memberikan informasinya.

“Nanti,” pungkasnya sambil tersenyum.

Pos terkait