Menko Polhukam Ajak TNI Polri Kompak Pastikan Idulfitri Aman dan Ceria

Menko Polhukam Hadi
Menko Polhukam Marsekal TNI (purn) Hadi Tjahjanto.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengajak seluruh jajaran Tentara Nasional Indonesia dan Polisi Republik Indonesia untuk menjadi garda terdepan wujudkan Idulfitri yang aman, ceria, dan penuh makna.

Pemerintah sendiri telah menetapkan slogan Idulfitri 2024 yaitu Lebaran Aman, Mudik Ceria dan Penuh Makna.

Bacaan Lainnya

“Mari kita bersama-sama menjadi garda terdepan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran sehingga terwujud Lebaran 2024 yang aman, ceria, dan penuh makna,” kata Hadi saat memberikan sambutan pada acara Buka Bersama TNI-Polri di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (2/4) malam.

Hadi mengatakan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan Ramadan secara umum berjalan aman dan lancar.

“Ini tentunya tidak terlepas dari sinergi dan solidaritas TNI-Polri dan seluruh komponen bangsa,” kata Mantan Panglima TNI tersebut.

Disampaikan, pengamanan mudik telah direncanakan secara baik dengan menggelar kekuatan di titik-titik lemah termasuk pengadaan pos pengamanan, pos terpadu, dan pos pelayanan.

Sebelumnya, Menko Hadi bersama Kapolri, Panglima TNI, Dirjen Perhubungan Darat, serta Dirut Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan telah melakukan peninjauan kesiapan mudik secara langsung di Pelabuhan Merak, Banten.

“Tentu kita tidak mengharapkan ada hal yang buruk, namun kita juga sudah menyiapkan rencana tindakan kontigensi apabila terjadi bencana alam, kita bisa menyelesaikan dengan beberapa tindakan-tindakan potensial untuk lancarnya kegiatan arus mudik Lebaran 2024,” kata Hadi.

Di kesempatan yang sama, ia juga mengapresiasi sinergitas dan solidaritas TNI-Polri yang telah menjaga pesta demokrasi pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden pada bulan Februari lalu sehingga bisa berjalan dengan aman dan damai.

“Tentunya sinergitas solidaritas ini harus kita jaga bersama untuk mengamankan Pilkada Serentak nanti,” ungkap Hadi.

Pos terkait