Tim Cook Pertimbangkan Tawaran Indonesia Bangun Pabrik Manufaktur Apple

Jokowi Terima Kunjungan Tim Cook
Presiden Joko Widodo bersama jajaran dari Kabinet Indonesia Maju menerima kunjungan CEO Apple Inc, Tim Cook bersama rombongannya di Istana Kepresidenan Jakarta. [foto : Biro Pers Sekretariat Presiden]

JAKARTA, Inisiatifnews.com – CEO Apple Inc, Tim Cook bersama rombongan perusahaan raksasa teknologi asal California berkunjung ke Indonesia. Salah satunya adalah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Tim Cook akan mempertimbangkan permintaan Presiden Jokowi untuk membangun pabrik manufaktur di Indonesia. Hal ini karena Apple menilai bahwa Indonesia masih memiliki daya tarik tujuan investasi di sektor industri manufaktur.

Bacaan Lainnya

”Kami berbicara tentang keinginan Presiden untuk melihat ada manufaktur produk Apple di negara ini, dan hal itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan,” kata Cook seusai bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Rabu (17/4), di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan itu, Cook didampingi oleh Vice President Apple Inc Lisa Jackson, Head Global Apple Inc Nick Amman, Head Government Apple Inc Elizabeth Hernandez, dan Government Affair South East Asia Apple Inc Mirza Natadisastra.

Adapun Presiden Joko Widodo, selain didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie dan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang, juga didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa kunjungan Tim Cook bersama rombongannya dari Apple Inc tersebut bertujuan untuk menjajaki peluang kerja sama strategis di Indonesia.

“Pertemuan dengan Tim Cook berfokus pada eksplorasi rencana strategis, termasuk peluang ekspansi Apple di Indonesia dan integrasi lebih dalam ke rantai pasok global,” kata Presiden Jokowi.

Kemudian, Presiden Jokowi juga mengajak Tim Cook untuk membangun pusat inovasi bersama dengan kampus-kampus terbaik di Indonesia. Khususnya dalam rangka pengembangan sumber dana manusia (SDM).

“Saya mengajak Apple membentuk pusat inovasi bersama universitas potensial di Indonesia untuk pengembangan sumber daya manusia,” ujarnya.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Republik Indonesia tersebut membuka tangan kepada Tim Cook agar Apple bisa membangun pabrik untuk memproduksi produk-produk teknologi mereka di Indonesia.

“Saya juga mendorong Apple untuk membangun pabrik manufaktur di dalam negeri,” imbuhnya.

Peluang ini sangat mungkin bisa terjalin dengan baik seiring dengan kerja sama kemiteraan antara Apple dengan Indonesia yang selama ini telah berjalan.

“Apple Developer Academy selama ini telah ada tersebar di Surabaya, Batam, dan Tangerang. Apple saat ini menambah yang keempat di Bali sebagai investasi di Indonesia,” pungkasnya.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait