Mahfud MD Anggap Pilpres 2024 Penuh Kenangan Indah, Perjuangan Harus Lanjut

Mahfud MD
Pakar hukum tata negara sekaligus mantan Cawapres 03, Prof Mahfud MD.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Calon Wakil Presiden nomor urut 03, Mahfud MD, menghadiri Halal Bihalal Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud di Rumah Sahabat Mahfud, Senin (6/5/2024). Dalam sambutannya, Mahfud mengaku terharu mengenang perjuangan di Pilpres 2024.

“Saya merasa terharu malam ini kita berkumpul, terutama melihat gambar ini, gambar Mas Ganjar dan saya, ini adalah gambar mimpi indah, gambar kenangan,” kata Mahfud sambil menunjuk latar belakang panggung yang menampilkan gambarnya dan Ganjar Pranowo.

Bacaan Lainnya

Ia memahami, sebagian orang menganggap perjalanan kontestasi ini merupakan mimpi buruk. Tapi, bagi Mahfud, semua perjuangan yang dilalui mereka sepanjang Pilpres 2024 ini merupakan mimpi indah karena menimbulkan banyak kenangan.

Bahkan, ia menuturkan, di jalan-jalan sampai saat ini masih banyak tersisa gambar Ganjar-Mahfud yang belum dicopot. Pun di media-media sosial seperti TikTok atau YouTube yang masih banyak menampilkan perjalanan mereka di Pilpres 2024.

“Itu satu kenangan, bukan satu mimpi buruk karena bagi saya ini pengalaman luar biasa,” ujar Mahfud.

Bahkan, Mahfud turut membagikan cerita cucunya yang walau masih berusia 2,5 tahun, tapi sudah memiliki kenangan tentang kakeknya dan Ganjar. Ia menyampaikan, cucunya itu setiap kali bertemu masih sering menanyakan kabar Ganjar Pranowo.

“Cucu saya sekarang itu masih berumur 2,5 tahun, kalau ketemu, kok ga sama Pak Ganjar, katanya. Itu sampai sekarang, kamu pacarnya Pak Ganjar kan, karena bagi dia anak kecil orang pacaran itu kalau sering bersama, sampai bagi dia tertanam di pikiran cucu saya itu,” kata Mahfud.

Ia menceritakan, selama kurang lebih enam bulan selama kontestasi Pilpres 2024 hampir tidak pernah istirahat. Hampir setiap hari pula kegiatan sudah dimulai pada Subuh, lalu pulang sudah tengah malam, dilanjut Subuh lagi untuk kegiatan lainnya.

Mahfud mengenang perjalanannya menemui masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air bersama TPN Ganjar-Mahfud maupun pimpinan-pimpinan partai pendukung. Seperti Arsjad Rasjid, Oesman Sapta Odang, Andika Perkasa, Gatot Eddy, bahkan Megawati.

Ada pula Yenny Wahid, Khoirul Anam dan tokoh-tokoh lain seperti dari Bidang Inklusi TPN Ganjar-Mahfud yang kerap mendampingi kunjungan ke daerah-daerah terdalam. Termasuk, lanjut Mahfud, bersama inisiator Tabrak Prof, Karaniya Dharmasaputra.

“Mas Kara, yang bikin tadi itu acara Tabrak Prof itu Mas Kara itu, idenya spontan, saya ada di Surabaya, beliau sama Mas Rizal (Mustary) rembuk-rembuk apa begitu, bikin sekarang ke sebuah warung kopi, lalu meledak, dipindah acara itu ke mana-mana,” ujar Mahfud.

Maka itu, Mahfud merasa, semua pengalaman, perjuangan dan perjalanan ini tidak lain merupakan kenangan yang manis. Bagi Mahfud, apapun hasilnya semua itu merupakan salah satu ikhtiar untuk membawa Indonesia menjadi lebih baik.

“Bagi saya itu adalah kenangan yang indah, maafkan saya nostalgia agak sedikit panjang,” kata Mahfud.

Perjuangan Jangan Berakhir

Masih dalam kesempatan yang sama, Mahfud MD mengingatkan bahwa Pilpres 2024 bukan akhir dari perjuangan. Sebab masih banyak pekerjaan penting yang harus dilakukan demi kepentingan kemajuan bangsa dan negara.

“Mari kita move on banyak hal yg kita lakukan demi Republik Indonesia. Kita tetap berjuang dari berbagai jalan. Berjuang jalan berhenti di satu titik agar negara ini lebih baik,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, turut menyerahkan buku laporan pertanggung jawaban dari TPN Ganjar-Mahfud. Buku itu diserahkan kepada Ganjar Pranowo, Mahfud MD dan pimpinan-pimpinan partai pendukung.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait