Mahfud MD, Sang Pendekar Hukum yang Ulang Tahun ke 67 Tahun

Mahfud MD
Menko Polhukam Mahfud MD di Pulau Miangas.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Mantan Menko Polhukam, Mahfud MD mendapatkan banjiran doa atas bertambahnya usia yang ke 67 tahun. Di mana Mahfud MD ulang tahun pada tanggal 13 Mei 2024 kemarin.

Salah satu doa dipanjatkan oleh sahabatnya yang notabane adalah dosen di Universitas Monash Australia, Nadirsyah Hosen alias Gus Nadir. Ia menyampaikan doa terbaik untuk Mahfud MD.

Bacaan Lainnya

“Selamat ulang tahun ke 67 Prof Mahfud. Wah beda usia kita 17 tahun yah. Semoga panjenengan dikaruniai kesehatan, panjang usia dan terus mencerahkan kita semua soal demokrasi dan negara hukum,” kata Gus Nadir di akun Instagram Mahfud MD @mohmahfudmd yang dikutip, Rabu (15/5).

Ia menyampaikan terima kasih kepada Mahfud yang selama ini sudah memberikan inside yang sangat besar bagi para junior dan generasi muda Indonesia, termasuk yang ia selama ini rasakan atas sosok pakar hukum tata negera tersebut.

“Terima kasih atas ilmu dan keteladanan panjenengan untuk kami para santri dan akademisi yang jauh lebih muda. Ternyata masih ada sosok yang berintegritas dan berkapasitas di negeri kita,” ujarnya.

Ucapan dan doa dari Gus Nadir pun direspons oleh Mahfud MD. Ia juga memberikan pesan kepada Gus Nadir agar tetap menginspirasi anak muda Indonesia.

“Terima kasih doanya Prof @nadirsyahhosen_official, teruslah memberi teladan dan inspirasi bagi anak muda Indonesia,” respons Mahfud.

Ucapan selamat bertambah usianya yang ke 67 tersebut disampaikan beberapa tokoh kepada Mahfud MD, salah satunya adalah Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo.

“Selamat ulang tahun Prof. Berkah,” tulis Angel.

Kemudian ucapan selamat juga disampaikan aktris dan penyanyi senior Yuni Shara. Wanita cantik kelahiran Malang Jawa Timur tersebut juga menyampaikan ucapan selamat atas bertambahnya usia Mahfud MD yang ke 67 tahun.

“Sugeng Ambal Warso Prof @mohmahfudmd,” tulis Yuni.

Ucapan selamat juga tak ketinggalan disampaikan oleh koleganya di Pilpres 2024, yakni Ganjar Pranowo. Dalam sebuah postingannya di Twitter/X, kader PDIP tersebut menyampaikan ucapan dan doa terbaik untuk Mahfud MD.

“Selamat ulang tahun ya Pak @mohmahfudmd. Semoga sehat dan bahagia selalu,” tulis Ganjar.

Seputar Mahfud MD

Mahfud MD adalah pria berdarah Madura. Ia lahir pada 13 Mei 1957 di Omben, Sampang. Ayahnya bernama alm. Mahmodin, sementara ibundanya bernama Siti Khadijah. Nama lengkap Mahfud sebenarnya adalah Mohammad Mahfud Mahmodin. Sehingga jelas MD di belakang nama Mahfud adalah nama ayahnya.

Ia merupakan salah satu tokoh yang sangat tersohor di kalangan para akademisi, politisi, birokrasi dan juga kalangan pegiat hukum di Indonesia. Betapa tidak, sepak terjangnya di bidang hukum pun tak main-main, ia pernah dipercaya untuk menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kemudian di era pemerintahan Presiden Joko Widodo, ia merupakan pejabat terlama yang pernah menduduki jabatan di Menko Polhukam, nyaris genap 1 periode kepemimpinan Jokowi – Maruf di Kabinet Indonesia Maju. Bahkan, ia juga merupakan Menko Polhukam dari kalangan sipil pertama di Indonesia.

Mundur sebelumnya, Mahfud MD juga pernah dipercaya menjadi Menteri Pertahanan di era pemerintahan Presiden KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dalam Kabinet Persatuan Indonesia. Dan lagi-lagi, ia juga merupakan Menhan pertama dari kalangan sipil.

Di bidang akademik, Mahfud MD juga menjadi dosen di sejumlah kampus ternama di Indonesia. Mulai dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) maupun di Universitas Islam Indonesia (UII). Bahkan di UII, ia merupakan Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara.

Kepakarannya di bidang ilmu hukum tata negara pernah membuatnya dipercaya menjadi Ketua Umum Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN), dan saat ini dipercaya sebagai Ketua Dewan Pembina untuk periode 2021-2025.

Di bidang politik, Mahfud MD juga pernah dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum Dewan Tanfidzi DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PBB) periode 2002-2005. Bahkan Mahfud juga pernah menjabat sebagai anggota Komisi III DPR RI dan sebagai Wakil Ketua Badan Legislatif periode 2004-2008.

Di bidang akademik, ia juga pernah menjadi Direktur Pascasarjana Universitas Islam Indonesia periode 1996-2000. Serta pernah juga menjadi rektor di Universitas Islam Kediri periode 2003-2006.

Dengan sepak terjang dan integritasnya dalam menjalankan tugas-tugas penting tersebut membuat dirinya dipercaya oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk mendampingi Ganjar Pranowo sebagai Calon Wakil Presiden di Pilpres 2024.

Bahkan dalam sebuah statemen, salah satu alasan mengapa Mahfud dipercaya untuk maju dalam Pilpres 2024 tanpa mahar itu, karena Megawati menilai Mahfud adalah sosok yang berintegritas dan sampai-sampai dijulukinya sebagai Pendekar Hukum.

“Mahfud juga dikenal rakyat sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik. Saya bilang sama beliau, ya ini hukum ini jangan terus semuanya pada bungkam, saya bilang sama beliau,” kata Megawati saat pengumuman pasangan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024 pada hari Rabu, 18 Oktober 2023.

Mahfud MD bersama istrinya yakni Hj Zaizatoen Nihajati (Yatie) telah melahirkan 3 generasi, yakni Mohammad Ikhwan Zein yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran UGM, kemudian Vina Amalia yang juga lulusan Kedokteran namun dari Universitas Airlangga, serta Royhan Akbar yang merupakan alumni Fakultas Hukum UGM.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait