Kadishub DKI Imbau Pesepeda Gunakan Lajur Kiri

  • Whatsapp
syafrin liputo
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

Inisiatifnews – Pasca tertabraknya 7 orang pesepeda di kawasan Jl Jenderal Sudirman pada hari pada hari Sabtu (26/12) oleh pengemudi minibus Avanza, Dinas Perhubungan DKI Jakarta pun angkat bicara.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengimbau kepada para pesepeda di track Jakarta akan tetap menggunakan lajur kiri saat bersepeda. Imbauan ini adalah demi kenyamanan dan keselamatan bersama.

Bacaan Lainnya

“Kami mengimbau pesepeda saat mereka berada di jalan raya, gunakanlah lajur lalu lintas paling kiri. Kenapa? Karena jika terjadi kecelakaan mereka ada di kiri, setidaknya dari sisi aspek keselamatan lebih baik,” kata Syafrin kepada wartawan, Senin (30/12/2019).

Ia mengatakan bahwa dalam sistem lalu lintas di Indonesia, lajur paling kanan adalah track untuk mendahului sehingga kecepatan di lajur kanan rata-rata bisa tinggi. Jika pesepeda berada di jalan raya namun mengambil lajur paling kanan justru akan membahayakan.

“Dalam sistem lalu lintas untuk lajur paling kanan itu diperuntukan bagi kendaraan yang akan mendahului kendaraan di depannya, Otomatis kecepatannya tinggi,” tuturnya.

Selain itu, Syafrin juga mengatakan pula, bahwa Dishub DKI Jakarta juga tetap meminta kepada para pengguna sepeda mengambil lajur kiri saat berkendara melewati jalan umum meski sudah ada aturan yang mengatur agar kendaraan bermotor memprioritaskan pejalan kaki atau pesepeda dalam UU 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ).

Tidak hanya itu saja, Syafrin juga mengimbau agar para pesepeda khususnya yang berjalan beriringan secara berkelompok agar melengkapi diri mereka dengan pengawalan khusus oleh petugas.

“Saya mengimbau juga para pesepeda saat bersama rombongan atau berkelompok menggunakan ruang lalu lintas di luar jalur sepeda sebaiknya dilengkapi pemandu atau pengawalan sehingga tidak terjadi kecelakaan seperti kemarin,” imbuhnya. []

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait