Cara Bayar Pajak Motor di Samsat Keliling

  • Whatsapp
Samsat Keliling Jakarta
Layanan SAMSAT keliling di depan TMP Kalibata Jakarta Selatan. [foto : Inisiatifnews.com]

Inisiatifnews.com – Salah satu kewajiban warga negara yang baik adalah membayar pajak. Dan salah satu pajak yang harus dibayarkan oleh warga negara indonesia (WNI) adalah pajak kendaraan bermotor. Pajak ini dikenakan kepada setiap pemilik kendaraan bermotor setiap tahunnya.

Penarikan pajak ini merupakan regulasi yang diatur oleh Badan Pajak dan Retribusi Daerah. Di DKI Jakarta, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ini diatur di dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang perubahan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pajak Kendaraan Bermotor.

Untuk melayani para wajib pajak ini, Kepolisian Daerah Metro Jaya bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta serta PT Jasa Raharja sudah mengerahkan unit-unit pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) keliling di beberapa wilayah Jakarta agar para wajib pajak mudah menjalankan kewajibannya sebagai warga negara yang baik.

Berikut adalah zona pelayanan pembayaran pajak TKB Samsat Keliling di DKI Jakarta

1. Jakarta Pusat : Lapangan Banteng atau samping Hotel Borobudur dan ITC Cempaka Mas
2. Jakarta Selatan : Depan TMP Kalibata
3. Jakarta Timur : Dealer Honda di Jl Dewai Sartika dan Pasar Induk Kramatjati
4. Jakarta Barat : Kantor Metro TV Kedoya dan ITC Glodok
5. Jakarta Utara : Halaman Masjid Al-Musyawarah Kelapa Gading

*) lokasi Samsat Keliling bisa berubah sewaktu-waktu. Silahkan pantau informasi update dari Twitter TMC Polda Metro Jaya setiap paginya.

Berkas Wajib

Sebelum datang ke Samsat Keliling, ada yang perlu kamu perhatikan yakni dokumen atau berkas bersyaratan yang harus dibawa dan diserahkan ke petugas pelayanan Samsat Keliling. Beberapa dokumen yang wajib antara lain ;

1. KTP (Asli dan Fotocopy) : 1 lembar
2. STNK (Asli dan Fotocopy) : 1 lembar
3. BPKB (Asli dan Fotocopy) : 1 lembar
4. Bulpoin (jika ada)
5. Stelpes (jika ada)

Datang ke SAMSAT Keliling

Setelah dokumen yang wajib kamu bawa tadi sudah lengkap, silahkan datang ke Samsat Keliling yang terdekat dengan domisili. Dan setelah sampai di lokasi, silahkan minta formulir pendaftaran di loket yang tersedia kepada petugas. (Jika bingung, kamu bisa tanya ke tukang parkir atau lihat saja di depan loket, biasanya tertempel di kaca bus).

Kemudian di lembar formulir yang kamu terima tadi, isilah sesuai dengan identitas kendaraan yang kamu miliki dan akan kamu bayar pajaknya.

IMG20200120085421 scaled
Contoh pengisian formulir pendaftaran pembayaran pajak TKB. [foto : Inisiatifnews.com]
Setelah kamu isi semua field yang ada di formulir pendaftaran, silahkan gabungkan semua dokumen yang kamu bawa tadi menjadi 1 rangkap saja. Caranya ; steples masing-masing fotocopy dokumen wajib tadi di lembar formulir pendaftaran secara rapih. Sertakan KTP dan STNK asli. Sementara BPKB asli hanya untuk bukti dan diperlihatkan kepada petugas saja.

Kumpulkan Berkas

Selanjutnya, silahkan kamu antre di loket dan serahkan berkas kamu tadi kepada petugas. Saat kamu menyerahkan berkas yang disebutkan di atas, maka petugas akan melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah dokumen kamu lengkap atau tidak. Jika sudah dinyatakan lengkap maka kamu akan diminta untuk menunggu dipanggil lagi untuk menerima kuitansi pembayaran pajak motor.

Setelah kamu dipanggil dan menerima kuitansi dan membayar sejumlah uang (nominal sesuai tertera di dalam dokumen STNK sementara / kwitansi STNK), maka kamu akan diminta untuk menunggu lagi sembari petugas mencetak STNK asli yang berhologram serta bertanda stample.

Jika STNK asli sudah diserahkan kepadamu, mohon agar dicek lagi secara utuh terkait dengan nomor motor serta seluruh identitas yang tertera di dalam STNK baru itu. Dan jika sudah sesuai, silahkan meninggalkan lokasi dan proses pembayaran pajak motor kamu selesai.

Jam Operasional Samsat Keliling

Yang wajib kamu perhatikan adalah tentang jam operasional layanan Samsat keliling. Berikut adalah jadwal umumnya ;

Senin-Jumat : 08.00 WIB s/d 02.00 WIB
Sabtu : 08 WIB s/d 11.00 WIB
Minggu : Tutup

Silahkan datang tepat waktu dan kenakan pakaian rapih, serta pastikan waktu pembayaran pajak kendaraan bermotormu tidak lewat jatuh tempo (cek masa berlaku di STNK).

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia