Donny Saragih Dibatalkan Jadi Dirut PT Transjakarta

  • Whatsapp
transjakarta
Bus Transjakarta.

Inisiatifnews.com – Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD), Faisal Syafruddin menyampaikan bahwa pihaknya sudah membatalkan Donny Andy Sarmedi Saragih sebagai Direktur Utama PT Transjakarta.

Hal ini dilakukan karena pihaknya baru mengetahui status hukum yang pernah dijeratkan kepada Donny.

Bacaan Lainnya

Faisal mengatakan bahwa pembatalan status Donny sebagai Dirut PT Transjakarta itu dilakukan per hari ini, Senin (27/1/2020).

“Kemudian melakukan verifikasi dan terbukti laporan tersebut benar. Pada Senin pagi, 27 Januari 2020, langsung dilakukan keputusan pembatalan keputusan para pemegang saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham tanggal 23 Januari 2020,” ujar Faisal dalam siaran pers resmi Pemprov DKI.

Dijelaskan Faisal juga, bahwa sebanarnya Donny dipilih menjadi Dirut PT Transjakarta melalui seleksi yang ketat. Berbagai pengujian dilakukan untuk menunjukkan orang-orang terbaik untuk memegang kendali Direktur BUMD itu.

Syarat melalui seleksi ini juga sudah tertuang di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang BUMD dan Peraturan Gubernur Nomor 5 tahun 2018 tentang Tata Cara Pengangkatan Direksi. Di mana setiap calon direksi harus mengikuti uji kompetensi dan keahlian.

Sementara dalam proses seleksi dirut BUMD tersebut, Faisal mengatakan jika Donny tidak mencantumkan jawaban sesuai dengan kenyataan, yakni tentang pernyataan bahwa tidak memiliki riwayat kriminal. Namun catatan itu justru muncul setelah Donny lolos seluruh seleksi dan ditunjuk untuk menggawangi perusahaan daerah di sektor transportasi publik itu.

“Namun pernyataan yang ditandatangani oleh yang bersangkutan, bahwa tidak pernah dihukum ternyata tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya,” jelasnya.

Sempat dipuji setinggi langit oleh Anies

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sempatmemuji prestasi yang pernah dimiliki oleh Donny Saragih itu.

“Dia memiliki latar belakang pengalaman di bidang transportasi. Hampir seluruh pengalaman kariernya di bidang transportasi dan bahkan sempat menjadi wakil ketua Dewan Transportasi Jakarta,” kata Anies di Jakarta, Jumat (24/1).

Bahkan untuk di sektor kewirausahaan, Anies menyebutkan bahwa Donny memiliki pengalaman yang baik.

“Di bidang usaha dia berpengalaman antara lain sebagai direktur operasional PT Eka Sari Lorena Transportasi dan komisaris PT Alfa Omega Transport sejak tahun 2014,” jelasnya. []

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait