Satpol PP Siagakan Posko Halau Takbir Keliling di Jakarta

  • Whatsapp
takbir keliling
Agenda takbir keliling menyambut hari raya idul fitri.
PHP Dev Cloud Hosting

Jakarta, Inisiatifnews.com Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Arifin menyampaikan bahwa pihaknya akan menyaipkan seluruh titik untuk dijadikan posko pengamanan agenda takbir keliling di wilayah ibukota DKI Jakarta.

“Saat ini sedang diidentifikasi untuk menempatkan posko-posko penjagaan di tempat-tempat strategis di jalan-jalan strategis. Akan diputuskan malam ini,” kata Arifin di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Bacaan Lainnya

Posko akan disiagakan pada malam Minggu besok mulai pukul 19.30 WIB sampai 24.00 WIB. Tujuan dari posko itu adalah melakukan edukasi dan penghalauan agenda masyarakat yang akan menggelar takbir keliling.

Apalagi saat ini, Pemprov DKI Jakarta pun sudah menyatakan jika takbir keliling untuk malam lebaran tahun ini dilarang karena adanya wabah Covid-19 serta pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Jadi sebagaimana imbauan pemerintah bahwa takbir keliling itu adalah salah satu kegiatan yang dilarang,” ujarnya.

Sementara terkait dengan pengumandangan takbir di malam 1 Syawwal sebagai salah satu tradisi religi umat Islam rutin setiap tahun, Arifin mengimbau agar agenda tersebut dipusatkan saja di masjid-masjid atau musholla.

“Masyarakat yang takbir keliling silahkan takbir di tempat masjidnya masing-masing, kalau mau satu dua orang yang takbir ya silahkan, tapi jangan berkerumun,” tuturnya.

Selain itu, pemerintah DKI Jakarta akan melakukan pendataan secara masif untuk memastikan agar tidak ada masyarakat yang menggelar agenda takbir keliling pada malam lebaran besok.

“Jadi takbir keliling tidak diperbolehkan, nanti akan didata semuanya dari mana, surat izinnya bagaimana,” sambungnya. [RED]

Pos terkait