Masa Transisi PSBB DKI, PMII Jakut Bagikan Ratusan Nasi Bungkus ke Pekerja Informal

Foto : Istimewa

Jakarta, Inisiatifnews.com – Pada masa transisi PSBB ini, sejumlah kegiatan sosial ekonomi secara bertahap kembali dimulai dengan protokol kesehatan yang harus ditaati. Ini sebagai bagian dari upaya untuk menggerakan kembali ekonomi dan kesadaran masyarakat dalam memutus penyebaran Covid-19.

Salah satunya adalah PMII Jakarta Utara. Mereka melakukan aksi sosial yang bertajuk “Gerakan Peduli Covid-19 PMII Jakarta Utara”.  Kali ini kegiatan tersebut dilakukan dengan membagikan makanan kepada para pekerja sektor informal di wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara.

Bacaan Lainnya

Pembagian Nasi Bungkus kepada para pekerja informal terdampak COVID-19 itu dilakukan di Jalan Yos Sudarso sampai dengan Jalan RE. Martadinata. Paket nasi bungkus diberikan kepada Ojek Sepeda dan pekerja sektor informal lain yang sedang bekerja dan mencari nafkah di jalan.

Untuk pendistribusian paket nasi bungkus tersebut, Ketua Komisariat PMII Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Jakarta, Monetio Julian menjelaskan. bahwa kegiatan dilakukan pada ba’da Isya karena banyaknya pekerja Informal yang masih berkerja dan belum mendapatkan hasil seharian.

“Kami menyasar kepada pekerja buruh harian lepas yang masih bekerja di malam hari untuk meringankan beban akibat pandemi Covid-19 ini,” kata Julian, Kamis (4/6/2020).

Kemudian, pewakilan Pengurus Komisariat PMII LP3I Plumpang, Agus Idham Jumhari yang hadir dalam kegiatan pembagian ratusan nasi bungkus tersebut mengungkapkan, bahwa agenda ini merupakan bagian dari lepedulian mereka terhadap nasib masyarakat akibat wabah Covid-19.

“Sungguh sangat luar biasa dan senang hati kami perwakilan Pengurus Komisariat PMII LP3I Plumpang bisa berkontribusi dalam kegiatan ini, serta kegiatan ini bisa terealisasi dengan baik dan lancar pada masa transisi New Normal dari pandemi COVID-19,” ujarnya.

Lanjut idham, ia berharap agar apa yang disalurkan dapat menjadi manfaat kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Semoga dengan direalisasikan kegiatan ini oleh PC PMII Jakut bisa memberikan kontribusi dengan baik kepada masyarakat khususnya, serta tetap Istiqomah untuk merealisasikan program kegiatan ini selama masa transisi pandemi covid-19,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua 3 PC PMII Jakut, Nu’man Nugroho yang hadir dalam pembagian ratusan nasi bungkus menambahkan, aksi sosial tersebut merupakan salah satu rangkaian dari Gerakan Peduli Covid-19 PMII Jakarta Utara.

“Para pekerja informal dan pekerja jalanan mereka perlu diberikan bantuan karena sangat terdampak covid-19. Mereka juga masuk dalam pekerja harian yang sehari hari bergantung apa yang mereka dapatkan,” ujar Nu’man.

Nu’man berharap dengan adanya masa transisi PSBB ini bisa mengajak masyarakat untuk saling peduli. Walaupun bentuknya kecil, namun ia melihat pemberian akan sangat berpengaruh terhadap giat kembali perekenomian. Mungkin hari ini PMII Jakut dengan membagikan nasi bungkus bagi pekerja sektor informal, tapi hal ini seharusnya bisa diikuti juga oleh komponen pemerintah agar bisa mengajak dan melakukan aksi yang sama atau hal lain yang bisa membangkitkan kembali ekonomi di masyarakat.

“Dengan mengajak seluruh komponen Pemerintah dan juga masyarakat yang lain melakukan aksi yang sama, semakin seluruhnya peduli semakin diringankan juga warga yang terdampak Covid-19, serta masa transisi tidak hanya virusnya yang kita selesaikan tapi ekonominya,” harapnya.

Sebelumnya, dalam satu bulan kebelakang ini PMII Jakut, selain intens dan konsisten menyasar masyarakat yang membutuhkan. Organisasi basis Nahdlatul Ulama (NU) ini juga membagian puluhan paket sembako kepada warga Kota Administrasi Jakarta Utara yang terdampak virus Corona.

Aksi sosial tersebut dilakukan untuk warga pesisir nelayan Jakarta utara, Tunawisma, seluruh kelurahan di Jakarta Utara dan juga penyemprotan disenfektan di sekitar Sekretariat PMII Jakarta Utara. (TSA)

Pos terkait