Anies Godok Aturan Bioskop di Tengah Pandemi COVID-19

  • Whatsapp
anies baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menggelar konferensi pers di Balaikota DKI Jakarta, Jumat 22 Mei 2020.

Inisiatifnews.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana untuk membuka kembali bioskop dalam waktu dekat.

Anies menyampaikan, bahwa pihaknya tengah mempelajari lebih jauh terkait dengan sejumlah aturan yang akan digunakan untuk memuluskan rencana pembukaan bioskop di tengah pademi Covid-19 tersebut.

Bacaan Lainnya

Kata dia, salah satu regulasi yang dibuat ialah pengaturan tempat duduk penonton dalam bioskop.

“Pengaturan tempat agak berbeda dengan kegiatan mengumpulkan orang yang tidak ada kursi, di sini ada kursi sehingga teater baik itu performing arts maupun teater seperti bioskop, di mana ada kursi, di situ bisa dilakukan pengendalian siapa duduk di mana. Jadi, ini mirip situasinya dengan penerbangan pesawat,” kata Anies dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (26/8/2020).

Selain pengaturan tempat duduk, Anies mengatakan sirkulasi udara juga bakal diatur sedemikian rupa demi meminimalisir penularan wabah corona. Sayangnya Anies belum menjelaskan secara detail pengaturan sirkulasi udara di dalam ruang kedap suara itu.

“Kemudian juga bisa diatur mengenai sirkulasi udaranya dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang sesuai dengan standar protokol kesehatan,” ujarnya.

Tak hanya itu, semua tiket bioskop juga harus dijual secara daring. Kemudian para penonton yang datang dilarang berbicara di dalam bioskop.

Boleh saja berbicara asal dengan orang yang kenal dekat. Sedangkan dengan orang yang tidak dikenal, Anies meminta untuk tidak berbicara satu dengan yang lainnya. Dia bilang itu unik.

“Dari berbagai kajian sesungguhnya disampaikan bahwa ada beberapa keunikan di dalam kegiatan bioskop ini, yang pertama para penontonnya tidak saling berbicara. Ini berbeda dengan di restoran, di cafe, di mana satu sama lain justru saling ngobrol. Kalau di bioskop justru semua diam. Dan kalaupun ada percakapan maka percakapan, antara orang yang kenal,” tutupnya. []

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait